Laporkan Masalah

BAHASA PADA SLOGAN PENDIDIKAN TINGGI DI INDONESIA

RAYDITYA BRILLIAN P, Dr. Suhandano, M.A.

2022 | Tesis | MAGISTER LINGUISTIK

Keunikan slogan pendidikan tinggi adalah perannya yang bukan hanya sekedar menarik minat calon mahasiswa namun juga menjadi sarana menyampaikan sebuah tujuan, nilai bahkan sebuah kepercayaan yang dimiliki sebuah instansi pendidikan tinggi. Hal ini semakin menjadi menarik mengingat beragamnya sistem budaya yang melatarbelakangi instansi pendidikan tinggi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi slogan pendidikan tinggi secara menyeluruh mulai dari karakteristik kebahasaan, penggunaan gaya bahasa, hingga citra apa yang ingin ditampilkan melalui slogan. Untuk mencapai tujuan tersebut data slogan yang berjumlah 150 slogan dikumpulkan secara acak dari penjuru Indonesia untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh tentang slogan pendidikan di Indonesia. Metode penelitian dilakukan dengan cara observasi dengan melihat laman situs universitas satu persatu dalam mengumpulkan slogan. Setelah itu, proses pencatatan slogan dan kampus dilakukan di masing-masing laman instansi pendidikan tinggi. Selanjutnya analisis dilakukan dengan pendekatan Total Linguistic Fact yang kemudian ditafsirkan dan dihubungkan dengan fakta-fakta pemilik slogan dalam bentuk lain seperti visi dan misi, sejarah berdirinya instansi pendidikan tinggi, instansi lain yang menaungi, hingga budaya daerah tempat instansi pendidikan tinggi didirikan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa unsur keindahan dalam slogan pendidikan tinggi di Indonesia cukup diperhatikan. Seperti bentuk yang ringkas, penggunaan metafora dan personifikasi yang kental hingga kode bahasa yang beragam. Latar belakang identitas instansi pendidikan tinggi juga berperan penting dalam pemilihan kode bahasa seperti pemakaian bahasa Jawa kuno yang rata-rata dimiliki oleh instansi yang berafiliasi dengan kementerian di Indonesia, bahasa Latin yang mencerminkan sebuah kesamarataan yang sesuai dengan kepercayaan agama tertentu. Terakhir, dari segi citra yang ingin ditampilkan, instansi pendidikan tinggi di Indonesia banyak mencitrakan tujuan instansi pendidikan tinggi, tugas sebuah instansi pendidikan tinggi, nilai yang dianut instansi pendidikan tinggi, serta identitas sebuah instansi pendidikan tinggi itu sendiri.

The uniqueness of the slogan of higher education is that its role is not only to attract the interest of prospective students but also to be a means of conveying a goal, value and even a belief held by a higher education institution. This is becoming increasingly interesting considering the diverse cultural systems that underlie higher education institutions in Indonesia. This study aims to identify the slogan of higher education as a whole, starting from the characteristics of the language, the use of language style, to what image you want to display through the slogan. To achieve this goal, 150 slogans was collected randomly from all over Indonesia to get a comprehensive picture of educational slogans in Indonesia. The research method was carried out by observation by looking at the university website pages one by one in collecting slogans. After that, the process of recording slogans and campuses was carried out on each university's website. Furthermore, the analysis is carried out using the Total Linguistic Fact approach which is then interpreted and linked to the facts of the owner of the slogan in other forms such as the vision and mission, the history of the establishment of higher education institutions, other institutions that oversee it, to the culture of the area where the higher education institution was founded. The results of this study show that the element of beauty in the slogan of higher education in Indonesia is quite considered. Such as a concise form, the use of metaphor and personification and their variety of language codes. The identity background of higher education institutions also plays an important role in the selection of language codes, such as the use of ancient Javanese language which is generally owned by agencies affiliated with ministries in Indonesia, Latin which reflects a generality that is in accordance with certain religious beliefs. Finally, in terms of the image they want to display, higher education institutions in Indonesia often portray the goals of higher education institutions, the duties of a higher education institution, the values held by higher education institutions, and the identity of a higher education institution itself.

Kata Kunci : Slogan, Higher Education, Image, Total Linguistic Fact

  1. S2-2022-434474-abstract.pdf  
  2. S2-2022-434474-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-434474-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-434474-title.pdf