Laporkan Masalah

Pengembangan UI/UX Media Pembelajaran Kupu-Kupu Alian Butterfly Park Berbasis Mobile App Menggunakan Pendekatan User Centered Design

ISAAC LANGIT, Adhistya Erna Permanasari, S.T., M.T., Ph.D., Dr. Eng. Silmi Fauziati, S.T., M.T.

2022 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASI

Alian Butterfly Park adalah objek wisata edukasi berbentuk taman kupu - kupu yang menyajikan beragam koleksi kupu - kupu sekaligus sebagai taman penangkaran untuk pelestarian spesies kupu - kupu. Pandemi COVID-19 mengakibatkan sebagian besar tempat wisata ditutup dan tidak menerima kunjungan, begitu pula yang terjadi pada Alian Butterfly Park. Taman wisata penangkaran kupu - kupu terbesar di Jawa Tengah ini terpaksa menutup diri dari pengunjung yang merupakan sumber penghasilan utama. Akibatnya, proses bisnis berhenti, pemasaran tidak dapat berjalan maksimal, dan tujuan utama sebagai sarana edukasi tidak dapat tersalurkan kepada masyarakat. Dari permasalahan tersebut, capstone project kali ini mendesain sebuah solusi untuk mengatasi hal tersebut dengan mengembangkan aplikasi Alian Butterfly Park berbasis Androiddengan metode Agile yang dapat mewujudkan proses wisata edukasi taman Alian secara daring. Antarmuka aplikasi Alian Butterfly Park dikembangkan dengan pendekatan UCD untuk menghasilkan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan dari pengguna. Fitur utama yang diusung adalah virtual tour taman Alian dengan teknologi virtual reality. Teknologi VR dengan bantuan cardboard dan headset memungkinkan pengguna untuk dapat melihat video tiga dimensi seolah - olah sedang berada di dunia virtual. Serta fitur pembelajaran daur hidup kupu-kupu dengan teknologi augmented reality yang memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan objek virtual ke dunia nyata dan menghadirkan taman Alian ke dalam perangkat mobile masyarakat. Pengujian aplikasi Alian Butterfly Park dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu Black Box untuk menguji fungsionalitas aplikasi dan mendapatkan hasil 100% berhasil, untuk menguji kegunaan aplikasi menggunakan System Usability Scale (SUS) dengan hasil 72,1 termasuk kategori Good, dan untuk menguji pengalaman pengguna menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dengan hasil Excellent untuk aspek efisiensi, stimulasi, ketepatan, daya tarik, dan kejelasan, serta hasil Good untuk aspek kebaruan. Aplikasi Alian Butterfly Park diujikan langsung kepada anak - anak dan mendapatkan hasil timbal balik yang positif. Hasil keseluruhan pengujian menunjukan aplikasi Alian Butterfly Park menarik bagi anak - anak.

Alian Butterfly Park is an educational tourist attraction in the form of a butterfly garden that presents a variety of butterfly collections as well as a captive garden for the preservation of butterfly species. The COVID-19 pandemic has resulted in most tourist attractions being closed and not accepting visits, as has happened to Alian Butterfly Park. The largest butterfly breeding tourism park in Central Java is forced to close itself from visitors who are the main source of income. As a result, business processes had stopped, the marketing cannot run optimally, and the main purpose as a means of education cannot be delivered to the public. From these problems, this capstone project designed a solution to overcome the problem by developing an Android-based Alian Butterfly Park application with Agile method that can realize the Alian park educational tourism process online. The interface of the Alian Butterfly Park application was developed with the UCD approach to produce a system that best suits the needs of the user. The main feature is virtual tour of the Alian park using virtual reality technology. VR technology with the help of cardboard and headsets allows users to be able to view three-dimensional videos as if they were in a virtual world. As well as the butterfly life cycle learning feature with augmented reality technology that allows users to visualize virtual objects into the real world and bring Alian Butterfly Park into people's mobile devices. Alian Butterfly Park application was tested using three methods, Black Box Testing to test the application's functionality and get 100% successful results, to test the usability of the application using the System Usability Scale (SUS) with a result of 72.1 including the Good category, and to test the user experience using User Experience Questionnaire (UEQ) with Excellent results for aspects of efficiency, stimulation, accuracy, attractiveness, and clarity, and Good results for aspects of novelty. The Alian Butterfly Park application was tested directly on children and got positive feedback. The overall test results show that the Alian Butterfly Park application is attractive to children.

Kata Kunci : User Experience, User Interface, Virtual tour, Virtual Reality, Augmented Reality, User Centered Design

  1. S1-2022-431394-abstract.pdf  
  2. S1-2022-431394-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-431394-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-431394-title.pdf