Analisis Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, Dan Diskon Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Kalis Donuts
SRI ASTUTI A, Ir. Suharno, M.Eng., M.Eng.Sc.; Dr. Ir. Guntarti Tatik Mulyati, MT.
2022 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIANAnalisis Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, Dan Diskon Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Kalis Donuts Sri Astuti Ayunintgtyas, Suharno, Guntarti Tatik Mulyati INTISARI Wabah Covid-19 memberikan dampak pelemahan pada perekonomian. Salah satu sektor yang terkena dampak dari wabah ini adalah Usaha Mikro Kecil (UMK). Kalis Donuts merupakan salah satu UMK yang ada di Yogyakarta. Persaingan para pelaku usaha semakin ketat, sesuai dengan peningkatan UMK makanan dan minuman yang terus meningkat sesuai dengan data BPS. Ketatnya persaingan ini, membuat penjualan menjadi fluktuatif sehingga tidak mencapai target. Hal ini menunjukkan bahwa perfomansi Kalis Donuts belum maksimal dan berdampak pada loyalitas pelanggan. Metode pengolahan data pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Responden yang mengisi kuesioner merupakan pelanggan Kalis Donuts yang sudah mengkonsumsi dan membeli produk minimal dua kali dalam 3 bulan terakhir. Pengolahan data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dengan 3 variabel independen (X) yaitu Cita Rasa(X1), Kualitas Pelayanan(X2) dan Diskon Harga(X3) dan variabel dependen (Y) Loyalitas Pelanggan(Y). Hasil penelitian ini adalah Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, dan Diskon Harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Besar presentase kontribusi yang diberikan adalah 61%. Dari ketiga variabel tersebut, urutan perbaikan dapat dimulai dari Cita Rasa sebesar 0,337, Diskon Harga 0,191 dan Kualitas Pelayanan 0,116. Kata kunci : Usaha Mikro Kecil(UMK), Kalis Donuts, Loyalitas Pelanggan
Analysis The Effect Of Product Taste, Quality Of Service And Price Discounts On Customer Loyalty Kalis Donuts Sri Astuti Ayunintgtyas, Suharno, Guntarti Tatik Mulyati ABSTRACT The Covid-19 outbreak has had a weakening impact on the economy. One of the sectors affected by this outbreak is Micro, Small and Medium Enterprises (UMK). Kalis Donuts is one of the SMEs in Yogyakarta. The competition for business actors is getting tougher, in accordance with the increase in the food and beverage SME which continues to increase according to statistics data from Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. This tight competition makes sales fluctuate so that they do not reach the target. This shows that the performance of Kalis Donuts has not been optimized and has an impact on customer loyalty. The data processing method in this study is a quantitative descriptive method by distributing questionnaires to 100 respondents. Sampling was done by purposive sampling technique. Respondents who filled out the questionnaire were Kalis Donuts consumers who had consumed and purchased the product at least twice in the last 3 months. Data processing is done by multiple linear regression analysis with 3 independent variables (X) namely Taste (X1), Service Quality (X2) and Price Discounts (X3) and the dependent variable (Y) Customer Loyalty (Y). The results of this study are Taste, Service Quality, and Price Discounts simultaneously have a positive and significant effect on Customer Loyalty. The percentage of the contribution given is 61%. Of the three variables, the recommended improvements in order of priority are can be started from the Taste of 0.337, Price Discount of 0.191 and Service Quality of 0.116. Kata kunci : Small Micro Enterprises (SME), Kalis Donuts, Customer Loyalty
Kata Kunci : Kata kunci : Usaha Mikro Kecil(UMK), Kalis Donuts, Loyalitas Pelanggan