Laporkan Masalah

PEMANFAATAN AUTORESPONDER WHATSAPP DALAM PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN SECARA ONLINE MELALUI WHATSAPP DI PUSKESMAS BERBAH SLEMAN

PRAKASITA P, Angga Eko Pramono, S.K.M., M.P.H.

2022 | Tugas Akhir | D4 MANAJEMEN INFORMASI KESEHATAN

Latar Belakang : Seiring dengan perkembangan Teknologi dan Informasi yang begitu pesat sehingga memunculkan berbagai aplikasi. Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk proses pendaftaran online di Puskesmas Berbah Sleman. Pesan yang masuk ke nomor whatsapp puskesmas dibalas secara manual oleh admin. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pemanfaatan autoresponder whatsapp dalam pendaftaran online. Tujuan : Mengevaluasi pemanfaatan whatsapp autoresponder dalam menunjang pelayanan pendaftaran pasien secara online menggunakan aplikasi whatsapp di Puskesmas Berbah Sleman. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil : Penggunaan aplikasi whatsapp autoresponder dalam menunjang pelayanan pendaftaran pasien secara online diterapkan dengan menyusun beberapa aturan dengan keyword tertentu pada aplikasi tersebut sehingga pesan yang masuk akan dibalas secara autorespons. SOP pendaftaran online sudah tersedia namun belum tertulis dan belum lengkap. Media informasi yang digunakan dalam sosialisasi pelayanan pendaftaran online adalah banner dan poster. Kesimpulan : Pendaftaran online masih dibalas secara manual oleh admin sehingga dilakukan pengembangan dengan memanfaatkan aplikasi pendukung Autoresponder Whatsapp. SOP dan Media informasi tentang pelayanan pendaftaran online sudah tersedia namun perlu dikembangkan lagi. Kata kunci : Pendaftaran online, Pendaftaran whatsapp, Autoresponder Whatsapp

Background : Along with the rapid development of technology and information, that bringing up various applications. Whatsapp is one of the applications used for the online registration process at Puskesmas Berbah Sleman. Messages that enter the puskesmas whatsapp number are answered manually by the admin. Researchers are interested in conducting research on the use of Whatsapp autoresponders in online registration. Objective : Evaluating the use of whatsapp autoresponders in supporting online patient registration services using the whatsapp application at Puskesmas Berbah Sleman. Methods : The type of research used is descriptive qualitative research with a research design using case studies. The data collection techniques used are interviews, observation, and documentation studies Result : The use of the whatsapp autoresponder application in supporting online patient registration services is implemented by compiling several rules with certain keywords in the application so that incoming messages will be replied to in autoresponse. SOP for online registration are available but not yet written and incomplete. Information media used in the socialization of online registration services are banners and posters Conclusion : Online registration is still being replied to manually by the admin so that development is carried out by utilizing the Whatsapp Autoresponder support application. SOP and information media about online registration services are available but need to be developed again. Keywords : Online Registration, Whatsapp registration, Autoresponder Whatsapp

Kata Kunci : Pendaftaran online, Pendaftaran whatsapp, Autoresponder Whatsapp

  1. D4-2022-450725-abstract.pdf  
  2. D4-2022-450725-bibliography.pdf  
  3. D4-2022-450725-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2022-450725-title.pdf