Laporkan Masalah

Pengembangan Sistem Informasi Pencarian Mitra Berbasis Web Menggunakan Metode Rapid Application Development Untuk Peneliti Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada

FAJAR RYAN AKHRA, Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc., Ph.D.; Azkario Rizky Pratama, S.T., M.Eng., Ph.D.

2022 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASI

Salah satu faktor yang mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah adanya kolaborasi yang baik antara para peneliti dengan para mitra yang berasal dari kalangan industri. Namun, kolaborasi ini sering kali mengalami kendala karena tidak adanya sistem yang bisa menunjang kelancaran kolaborasi tersebut. Terutama bagi peneliti yang berasal dari kalangan dosen Universitas Gadjah Mada, salah satu kendala besarnya yaitu sulit dalam menemukan mitra yang sesuai dengan kebutuhan penelitiannya, dan juga sulit dalam mengelola kegiatan-kegiatan kemitraan yang berjalan. Meetry adalah sebuah sistem informasi berbasis web yang dibuat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sistem ini memiliki tiga fungsi utama, yaitu fungsi untuk mencari mitra yang sesuai dengan kebutuhan penelitian, fungsi untuk melihat detail proyek, serta fungsi untuk bisa mengelola bagian dari kegiatan kemitraan, seperti melihat catatan diskusi (logbook), memberikan komentar, dan mengunggah dokumen-dokumen proyek. Meetry ini nantinya akan digunakan oleh 4 pengguna, yaitu peneliti (utama), mitra, super admin, dan admin. Super admin adalah pengguna yang berasal dari petugas ERIC (Engineering Research and Innovation Center) yang ada di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, yang merupakan fasilitator tidak langsung kegiatan kemitraan. Sementara itu, admin adalah perwakilan dari ERIC yang menjadi mediator langsung antara peneliti dan mitra yang ingin/sedang berkolaborasi, disebut sebagai account officer. Penulis mengembangkan sistem ini bersama tim capstone project dengan metode rapid application development (RAD). Proses pengembangan yang sudah dikerjakan meliputi pembuatan rancangan use case diagram, data model design (RAD), sequence diagram, user flow, UI design, dan development. Luaran dari capstone project ini berupa sistem informasi berbasis web yang bisa diakses pada situs https://meetry-frontend.vercel.app/. Dengan adanya solusi tersebut, diharapkan tim peneliti bisa dengan mudah menjalankan kegiatan kemitraannya secara efektif dan efisien, sehingga karya-karya terbaik yang muncul dari hasil kolaborasi tersebut bisa memberikan kontribusi lebih bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

One of the factors that drive the progress of science and technology is the good collaboration between researchers and partners in the industry. However, this collaboration often has problems because no system can support smooth collaboration. Especially for researchers who come from Gadjah Mada University lecturers, one of the big obstacles is that it is difficult to find partners that match their research needs, and it is also difficult to manage ongoing partnership activities. The meeting is a web-based information system created to solve this problem. This system has three main functions, namely a function to find partners according to research needs, a function to view project details, and a function to be able to manage parts of partnership activities, such as viewing discussion notes (logbook), providing comments, and uploading documents. project. This meeting will be used by 4 users, namely researchers (main), partners, super admins, and admins. Super admins are users who come from ERIC (Engineering Research and Innovation Center) officers at the Faculty of Engineering, Universitas Gadjah Mada, who are indirect facilitators of partnership activities. Meanwhile, the admin is a representative of ERIC who becomes a direct mediator between researchers and partners who want/are collaborating, referred to as account officers. The author developed this system with the capstone project team using the rapid application development (RAD) method. The development process that has been carried out includes the design of use case diagrams, data model design (RAD), sequence diagrams, user flow, UI design, and development. The output of this capstone project is a web-based information system that can be accessed on the https://meetry-frontend.vercel.app/ site. With this solution, it is hoped that the research team can easily carry out their partnership activities effectively and efficiently so that the best works that emerge from the collaboration can contribute more to the development of science and technology.

Kata Kunci : Peneliti, Pencarian Mitra, Sistem Informasi, Web, Kolaborasi