Laporkan Masalah

Pengembangan Web Automated Grading Menggunakan Framework Django

FARHAN RIZKYAFANDI, Syukron Abu Ishaq Alfarozi, S.T., Ph.D.; Dr. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T.

2022 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASI

Pembelajaran jarak jauh melalui media e-learning menjadi tren baru dalam dunia pendidikan pasca pandemi COVID-19. E-learning memberikan pengajar kemudahan dalam mengajar dari mana saja secara asinkron. Namun, ketika pengajar hendak menilai kemampuan siswa melalui tugas atau ujian, pengajar perlu mengoreksi jawaban siswa satu persatu. Hal tersebut akan menghabiskan banyak waktu ketika harus mengoreksi soal berjenis esai atau pemrograman. Maka dari itu, penulis mengusulkan solusi berupa web penyedia layanan penilaian otomatis yang diberi nama Togra. Togra dikembangkan dengan framework Django dan bisa diintegrasikan ke hampir semua Learning Management System (LMS) yang mendukung Learning Tool interoperability (LTI). Integrasi dengan LTI berfungsi untuk menyimpan nilai hasil pengerjaan soal di gradebook siswa, sehingga bisa dilihat kapan pun oleh siswa tersebut. Togra sendiri telah teruji dan diterima dengan baik oleh pengguna karena mudah digunakan dengan indeks usability sebesar 77,375. Pada Capstone Project ini, kami menggunakan Togra untuk penilaian otomatis untuk soal esai dan pemrograman python. Sangat jarang ditemukan e-learning yang sudah menyediakan penilaian otomatis untuk soal esai dan pemrograman. Oleh karena itu, Togra memiliki potensi untuk mengubah standar penilaian dalam pembelajaran jarak jauh, terutama untuk tipe soal esai dan pemrograman.

Saat ini, dunia pendidikan menghadapi tren baru pasca pandemi COVID-19, yaitu pembelajaran secara daring atau jarak jauh. Media e-learning pun menjadi pilihan pengajar untuk menyampaikan materi ke siswa. E-learning memungkinkan pengajar untuk bisa mengajar dari mana saja. Pengajar juga biasanya akan menguji kemampuan siswanya melalui e-learning tersebut. Namun, pengajar akan menghabiskan banyak waktu ketika akan menguji kemampuan siswa dalam jumlah banyak dengan soal esai dan pemrograman. Sebab, kedua tipe soal tersebut harus dikoreksi secara manual karena tidak bisa dinilai dengan algoritma biasa seperti tipe soal pilihan ganda atau isian singkat. Maka dari itu, penulis memberikan solusi berupa web penyedia penilaian otomatis untuk tipe soal esai dan pemrograman python bernama Togra. Togra memberikan kemudahan bagi pengajar, sehingga pengajar bisa menghemat waktu untuk keperluan koreksi jawaban siswa. Pengajar bisa membuat soal dan mengintegrasikannya ke course yang dimiliki oleh pengajar tersebut supaya hasil penilaian bisa langsung direkap. Siswa juga mampu melihat hasil nilai mereka kapan saja melalui gradebook di e-learning yang digunakan. Web e-learning dan Togra akan saling berkomunikasi melalui Learning Tools Interoperability (LTI) yang menjamin keamanan data selama proses pengerjaan soal. Togra memiliki beberapa fitur yang akan mendukung pekerjaan pengajar. Pengajar dapat membuat soal, mengeditnya, dan menghapus soal. Pengajar dapat mengatur tipe soal yang akan dibuat dan memberikan batas waktu pengerjaan jika diperlukan. Pengajar dapat melihat daftar jawaban siswa beserta nilai dan pembahasan yang diberikan oleh sistem Togra. Kemudian, pengajar bisa mengintegrasikan soal yang dibuatnya ke e-learning yang digunakan. Pengintegrasiannya cukup mudah dan aman karena hanya perlu mengatur Consumer Key dan Shared Secret yang mana merupakan kunci utama untuk keamanan komunikasi data. Togra telah teruji dan bisa diterima dengan baik oleh pengguna. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, pengguna merasa Togra sangat membantu proses penilaian karena cepat dan mudah digunakan. Keberadaan Togra bisa menghemat waktu mereka yang seharusnya bisa dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya. Togra memiliki potensi untuk bisa berkembang lebih jauh lagi. Saat ini, Togra hanya menyediakan penilaian otomatis untuk tipe soal esai dan pemrograman python. Maka dari itu, Togra bisa dikembangkan lagi dengan menambahkan dukungan tipe soal dan bahasa pemrograman yang bisa diproses.

Kata Kunci : Pengembangan web, Django, Automated Grading, Learning Tools Interoperability, Learning Management System