Laporkan Masalah

Pemodelan Virtual Reality (VR) dan Game Wilayah Rawan Bencana Banjir Menggunakan Fotogrametri dan 3D Game Engine Unity3D di sebagian Wilayah Desa Sriharjo dan Selopamioro, Bantul, Yogyakarta

AMRI ROSYADI, Dr. Taufik Hery Purwanto, S.Si., M.Si.; Karen Slamet Hardjo, S.Si., M.Sc.

2022 | Tugas Akhir | D4 SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Cuaca ekstrem yang terus meningkat di Indonesia meningkatkan risiko kejadian bencana seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung. Peningkatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai macam teknologi terbaru seperti SIG (Sistem Informasi Geografi), teknologi game maupun VR (Virtual Reality). Teknologi SIG meliputi pemanfaatan data geospasial seperti foto udara dan DTM (Digital Terrain Model) dapat diintegrasikan dengan teknologi game untuk menghasilkan VR. Teknologi VR memungkinkan dunia simulasi yang telah dibuat dengan teknologi game dan SIG untuk terasa secara nyata oleh pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah fotogrametri dengan memanfaatkan perekaman udara yang direkam pada tanggal 25 Mei 2017 dan GCP (Ground Control Points) menggunakan GPS Geodetik. Pemrosesan fotogrametri menghasilkan DTM (Digital Terrain Model) yang menjadi bahan utama dalam pemodelan lanskap pemodelan wilayah. Pemodelan wilayah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi 3D Game Engine Unity. Pengolahan data pada Unity meliputi pembuatan model wilayah, pemrograman cara kerja model dan game, rendering VR, animasi bird's-eye view dan ekspor game berbasis PC Windows. Hasil dari penelitian ini adalah VR (Virtual Reality) 360°, animasi bird's-eye view pemodelan wilayah, dan animasi bird's-eye view pemodelan banjir yang ketiganya dipublikasikan melalui platform Youtube. Hasil lain dari penelitian ini adalah sebuah game berbasis PC Windows bernama Sungai Oyo yang dipublikasikan pada platform gamestore itch.io. Penilaian produk dilakukan menggunakan metode kuesioner dengan 57 responden. Hasil penilaian produk dapat disimpulkan mayoritas responden dapat merasakan sensasi berada di lokasi daerah penelitian, merasakan sensasi takut/ngeri pada pemodelan banjir dan hasil/produk merepresentasikan kenyataan melalui tampilan visual dan suara audio untuk VR 360° maupun bird's-eye view.

The increasingly extreme weather in Indonesia increases the risk of disaster events such as floods, landslides, and tornadoes. Increasing the capacity of the community in facing disasters can be done by utilizing various kinds of the latest technologies such as GIS (Geographic Information Systems), game technology, and VR (Virtual Reality). GIS technology includes the utilization of geospatial data such as aerial photographs and DTM (Digital Terrain Model) can be integrated with gaming technology to produce VR. VR technology allows the simulated world that has been created with gaming technology and GIS to be felt for real by users. The method used in this study was photogrammetry by utilizing aerial recording recorded on May 25, 2017, and GCP (Ground Control Points) using Geodetic GPS. Photogrammetric processing produces DTM (Digital Terrain Model) which is the main material in modeling landscape modeling of the region. Region modeling is done by utilizing Unity's 3D Game Engine technology. Data processing in Unity includes creating regional models, programming how models and games work, VR rendering, bird's-eye view animation, and exporting Windows PC-based games. The results of this study are VR (Virtual Reality) 360°, bird's-eye view animation, regional modeling, and flood modeling bird's-eye view animation, all three of which are published through the YouTube platform. Another result of this research is a Windows PC-based game called Oyo River which was published on the game store platform itch.io. Product assessment was carried out using the questionnaire method with 57 respondents. The results of the product assessment can be concluded that the majority of respondents can feel the sensation of being in the location of the study area, feel the sensation of fear/horror in flood modeling and the results/product represent reality through visual displays and audio sounds for VR 360 ° and bird's-eye view.

Kata Kunci : Virtual Reality, Game, Banjir, Fotogrametri, Unity3D