Laporkan Masalah

PENGARUH MORAL PERPAJAKAN, MONEY ETHICS, DAN ORIENTASI ETIKA TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA FEB UGM MENGENAI PENGGELAPAN PAJAK

HANANEEL BONITA, Vogy Gautama Buanaputra, S.E., M.Sc., Ph.D., AFHEA

2022 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan bukti empiris pengaruh moral perpajakan, money ethics, dan orientasi etika terhadap persepsi etis mahasiswa FEB UGM terhadap penggelapan pajak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi FEB UGM angkatan 2018-2020. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek moral perpajakan berpengaruh positif signifikan terhadap persepsi etis mahasiswa FEB UGM mengenai penggelapan pajak. Aspek money ethics dan orientasi etika tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap persepsi etis mahasiswa FEB UGM mengenai penggelapan pajak.

This study was conducted to provide empirical evidence of the influence of tax morale, money ethics, and ethical orientation on ethical perceptions of FEB UGM students towards tax evasion. This research is quantitative research and uses primary data obtained by distributing questionnaires. The sample used in this study is Accounting Students of FEB UGM class 2018-2020. This study uses multiple linear regression analysis to test the research hypotheses. The results of this study indicate that tax morale has a significant positive effect on the ethical perceptions of FEB UGM students regarding tax evasion. Money ethics and ethical orientation do not have a significant effect on ethical perceptions of FEB UGM students regarding tax evasion.

Kata Kunci : moral perpajakan, money ethics, orientasi etika, idealisme, relativisme, persepsi etis, penggelapan pajak, mahasiswa, Indonesia

  1. S1-2022-429419-abstract.pdf  
  2. S1-2022-429419-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-429419-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-429419-title.pdf