AUGMENTED REALITY IN DIESEL ENGINE PRACTICUM FOR MECHANICAL ENGINEERING DEPARTMENT
FERI SETIAWAN, Moh, Edi Wibowo, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
2022 | Skripsi | S1 ILMU KOMPUTERCovid-19 berdampak pada banyak orang di Indonesia tidak hanya dalam masalah kesehatan tetapi juga dalam kondisi ekonomi, sosial dan pendidikan mereka. Dalam dunia pendidikan, banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam lingkungan online. Salah satu Sekolah Vokasi di Universitas Gadjah Mada menunda jadwal praktikum mereka dan melaksanakannya pada semester akhir. Ini adalah keputusan yang bagus di saat seperti ini, tetapi mungkin mempengaruhi kemajuan belajar siswa. Penelitian ini mengusulkan penggunaan teknologi Augmented Reality sebagai metode pengajaran lain untuk pembelajaran praktikum. Teknologi ini memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan objek 3D di dunia nyata melalui kamera smartphone mereka. Teknologi ini dapat membantu siswa dalam proses belajar mereka melalui metode pembelajaran interaktif daripada membaca buku modul. Dalam penelitian ini, Plane Tracking digunakan sebagai metode Augmented Reality untuk aplikasi tersebut. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan aplikasi Augmented Reality dapat meningkatkan motivasi belajar siswa didukung oleh analisis statistik Mann-Whitney U-test dimana nilai Ustat sebesar 17,5 lebih rendah dari Ucrit yaitu 36 untuk n sama dengan 12. penelitian juga menemukan bahwa dengan menggunakan best practice proses pengembangan aplikasi mobile dapat menghasilkan aplikasi yang hebat didukung oleh skor System Usability Scale dengan skor 76,2.
Covid-19 have affected many people in Indonesia not just in health issues but also in their economic condition, social and education. In education, many students having a hard time learning in an online environment. One of the vocational schools in Universitas Gadjah Mada postpone their practicum schedule into their last semester. This is a great decision in a time like this, but it might affect the learning progress of the students. This research propose the use of Augmented Reality technology as another teaching method for practical learning session. This technology allow students to interact with 3D object in the real world through the camera of their smartphones. This technology might help students in their learning process through interactive learning method rather than reading a module book. In this research, Plane Tracking was used as the Augmented Reality method for the application. This research founds that using Augmented Reality application can raise students learning motivation supported by statistical analysis of Mann-Whitney U- test where the score of Ustat is equals to 17.5 which is lower than Ucrit which is 36 for n equals to 12. This research also founds that using best practice of mobile application development process can produce great application supported by scoring of System Usability Scale with the score of 76.2.
Kata Kunci : augmented reality, immersive, education, vocational education and training