Laporkan Masalah

ANALISIS KINERJA PEMASARAN DIGITAL DALAM MEMENGARUHI PERMINTAAN PELANGGAN PADA LAYANAN JASA BIRO PERJALANAN WISATA CV JAVAMATE TRAVELINDO

FAIZAL SYAHR Q, Basu Swastha Dharmmesta, Prof. Dr., M.B.A.

2022 | Tesis | Magister Manajemen

CV Javamate Travelindo merupakan salah satu perusahaan biro perjalanan wisata yang berlokasi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam memberikan layanan kepada pelanggan, perusahaan tersebut menawarkan beberapa paket wisata dengan tujuan objek wisata menarik yang tersebar di area DIY. Untuk meningkatkan permintaan paket wisata, CV Javamate Travelindo menerapkan pemasaran digital dengan memanfaatkan media digital seperti situs web, media sosial, dan pencarian berbayar seperti Google Ads. Penerapan pemasaran digital diharapkan menjadi solusi efektif karena penerapan pemasaran konvensional yang sebelumnya dipilih tidak memberikan hasil optimal. Di sisi lain, CV Javamate Travelindo harus bisa bertahan dan bersaing dengan perusahaan yang bergerak di bidang yang sama dan juga dengan agen perjalanan daring (OTA). Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana cara perusahaan menerapkan pemasaran digital, faktor pendukung dan kendala dalam implementasi pemasaran, dan pengaruh dari pemasaran digital dalam meningkatkan permintaan pelanggan. Penelitian yang dilaksanakan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis pendekatan penelitian yang diterapkan adalah studi kasus. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada 15 narasumber, di mana 11 narasumber berasal dari tim internal perusahaan CV Javamate Travelindo, dan 4 narasumber berasal dari eksternal perusahaan yaitu, pelanggan CV Javamate Travelindo. Peneliti menggunakan analisis data kualitatif yaitu, Five-Phased Cycle. Dari rangkaian proses analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini, diperoleh cara implementasi pemasaran digital oleh CV Javamate Travelindo, faktor pendukung dan kendala dalam penerapan pemasaran, serta pengaruh pemasaran digital pada bisnis biro perjalanan wisata dalam meningkatkan permintaan pelanggan. Melalui pelaksanaan pemasaran digital, diketahui memberikan hasil yang cukup baik dilihat dari data kunjungan pelanggan ke situs web perusahaan dan data pelanggan yang berinteraksi serta meminta penawaran paket wisata. Namun, dalam praktiknya perusahaan masih mengutamakan situs web sebagai sarana utama untuk meningkatkan permintaan, sedangkan sarana pemasaran digital lain seperti media sosial belum dimaksimalkan dengan baik.

CV Javamate Travelindo is a travel agency company located in Bantul Regency, Yogyakarta Special Region (DIY). In providing services to customers, the company offers several tour packages with interesting tourist destinations scattered in the DIY area. To increase the demand for tour packages, CV Javamate Travelindo implements digital marketing by utilizing digital media such as websites, social media, and paid searches such as Google Ads. The application of digital marketing is expected to be an effective solution because the previously chosen conventional marketing application did not provide optimal results. On the other hand, CV Javamate Travelindo must be able to survive and compete with companies engaged in the same field and also with online travel agents (OTA). Thus, the purpose of this research is to identify how companies implement digital marketing, the supporting factors and constraints in marketing implementation, and the influence of digital marketing in increasing customer demand. This research was conducted using a qualitative research method with a descriptive approach. The type of research approach applied is a case study. The data collection process was carried out by interviewing 15 sources, of which 11 sources came from the company's internal team, CV Javamate Travelindo, and 4 sources from external companies, namely, customers of CV Javamate Travelindo. Researchers used qualitative data analysis, namely, The Five-Phased Cycle. From a series of data analysis processes carried out in this study, it was obtained how to implement digital marketing by CV Javamate Travelindo, supporting factors and obstacles in the application of marketing, as well as the influence of digital marketing on the travel agency business in increasing customer demand. Through the implementation of digital marketing, it is known to provide good results, as seen from the data on customer visits to the company's website and data on customers who interact with and ask for tour package offers. However, in practice, the company still prioritizes the website as the main tool to increase demand, while other digital marketing tools such as social media have not been maximized properly.

Kata Kunci : Pemasaran Digital, Pemasaran Konvensional, Biro Perjalanan Wisata, Pencarian Berbayar, Media Digital, OTA.

  1. S2-2022-452452-abstract.pdf  
  2. S2-2022-452452-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-452452-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-452452-title.pdf