Laporkan Masalah

IDENTIFIKASI PALEO-ROCKSLIDE BERDASARKAN KARAKTERISTIK GEOMORFOLOGI MENGGUNAKAN METODE STRUCTURE FROM MOTION (SfM) DI KALURAHAN GIRIJATI DAN SEKITARNYA, KAPANEWON PURWOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

GHIFFARY RIZA RAMADHAN, Dr.Eng. Ir. Agung Setianto, S.T., M.Si., IPM.

2022 | Skripsi | S1 TEKNIK GEOLOGI

Fenomena paleo-rockslide di kawasan Parangtritis merupakan fenomena geologi yang menarik untuk diteliti dengan data spasial yang berbasis topografis yang memiliki resolusi yang tinggi. Structure from Motion (SfM) mampu menghasilkan model elevasi digital dari foto-foto digital yang diambil dengan kamera bergerak. Model tiga dimensi dari suatu tempat mampu memberikan gambaran morfologi suatu daerah serta memudahkan dalam menginterpretasi unsur-unsur kegeologian seperti kelurusan struktur dan morfologi. Pengambilan data berfokus pada area paleo-rockslide serta salah satu tebing struktural yang terletak di Kalurahan Girijati, Kapanewon Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, dan Kalurahan Parangtitis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul. Foto-foto digital yang diambil di daerah penelitian diolah dengan aplikasi Agisoft Metashape menjadi point cloud. Data point cloud ini kemudian diolah lebih lanjut dan menghasilkan model tiga dimensi. Model ini digunakan untuk interpretasi kelurusan struktur dan morfologi dari area longsoran serta kedudukan bidang struktural. Interpretasi tersebut dilakukan dengan menggunakan plugin Compass dalam aplikasi CloudCompare. Model yang dihasilkan memiliki resolusi dimana satu pikselnya setara dengan empat meter ukuran sebenarnya di lapangan. Model dengan resolusi yang lebih tinggi memberikan gambaran yang lebih detail. Model tersebut mampu menunjukkan fitur-fitur geomorfologi paleo-rockslide seperti tebing yang melingkar (main scarp) di sisi utara, tebing lurus (flank) yang membatasi di sisi barat dan timur, dan bukit-bukit kecil (foot) yang tersebar di sisi selatan sehingga semakin memvalidasi bahwa daerah penelitian adalah area paleo-rockslide. Hasil pengukuran orientasi kelurusan bidang struktur Sesar Girijati dan Sesar Parangtritis sebesar N183 derajat E dan N188 derajat E. Hasil pengukuran kedudukan bidang tebing flank dari morfologi paleo-rockslide dihasilkan angka rata-rata berorientasi ke arah N183 derajat E/89 derajat.

Rock-slide phenomenon in Parangtritis Area is an interesting geological phenomenon to be researched with high resolution topographic-based spatial data. Structure from Motion can produce digital elevation model from digital photo with a moving camera. 3D model can give a morphological illustration of an area and assist to interpretate geological aspect such as structure and morphological lineament. Data acquisition focused on paleo-rock slide area and a structural cliff on Girijati Village, Purwosari District, Gunungkidul Regency and Parangtritis Village, Kretek District, Bantul Regency. Digital photo taken in research area and processed with Agisoft Metashape to point cloud. With further processing, this point cloud data will generate 3D model. This model can be used to interpretate structure and morphological lineament of landslide area and structural plane with Compass plugin and CloudCompare application. This model has a high resolution where one pixel equals to four meters in actual size. 3D Model can show paleo-rockslide geomorphological feature such as main scarp in northside, flank in west an east side, and foot that spread in southern side. This evidence validates that research area is a paleo-rockslide area. From measured orientation of Sesar Girijati and Parangtrititis result N183 degree E dan N188 degree E. Measured flank cliff plane from paleo-rockslide shows orientation N183 degree E/89 degree.

Kata Kunci : Structure from Motion, Paleo-Rockslide, Parangtritis, Model 3 Dimensi.

  1. S1-2022-413636-abstract.pdf  
  2. S1-2022-413636-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-413636-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-413636-title.pdf