Laporkan Masalah

Analisis Program CSR dengan Metode Social Return on Investment (Studi tentang Program Budidaya dan Pengembangan Kopi Pelag)

PUJIANTI, Susetiawan; Danang Arif Darmawan

2022 | Tesis | MAGISTER PEMBANGUNAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN

Penelitian yang berjudul Analisis Program CSR dengan Metode SRoI: Studi tentang Program Budidaya dan Pengembangan Kopi Pelag merupakan penelitian yang mengkaji tentang dampak perubahan dari adanya program CSR, diinvestasikan oleh PT Indonesia Power Kamojang POMU dan menilai seberapa besar manfaat pengembalian menggunakan metode Social Return on Investment (SRoI). Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan gabungan jenis penelitian kualitatif untuk mengkaji dampak secara deskriptif dari pelaksanaan program, dan kuantitatif untuk penilaian menggunakan SRoI. Berdasarkan hasil penelitian, dampak perubahan dari pelaksanaan Program Budidaya dan Pengembangan Kopi Pelag berhasil menjawab permasalahan ekonomi, lingkungan, dan sosial di Kampung Pelag. Nilai SRoI yang dihasilkan dalam program ini adalah sebesar 1: 9.1. Artinya, program ini layak dan berhasil. Aspek yang paling dominan dari dampak program ini adalah aspek sosial, disusul dengan aspek lingkungan, dan aspek ekonomi.

The aim of this study is to know the impact of the CSR Program invested by PT Indonesia Power Kamojang POMU in Kampung Pelag and to assess the return using the Social Return on Investment (SRoI) method. In this study, we use the combination of qualitative research to study the impact of the program implementation descriptively and quantitative research to assess it using SRoI. The data results show that the impact can solve the economic, environmental, and social problems in Kampung Pelag. The SRoI score resulted from this program is 1:91. It means that the program is eligible and successful. The impacts, ordered from the most significant, are as follows: the social aspect, the environmental aspect, and the economic aspect.

Kata Kunci : Dampak Program, Investasi Sosial, SRoI, CSR

  1. S2-2022-449230-abstract.pdf  
  2. S2-2022-449230-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-449230-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-449230-title.pdf