Laporkan Masalah

Hubungan Antara Ekspresi mRNA Signal Rergulatory Protein Alpha dengan Gambaran Histopatologi Risiko Tinggi pada Pasien Retinoblastoma

DATU RESPATIKA, Prof. Dr. dr. Agus Supartoto, Sp.M(K)

2022 | Tesis-Spesialis | ILMU KESEHATAN MATA

Latar Belakang Untuk mengetahui ekspresi Signal Regulatory Protein Alpha (SIRPα) dan hubungannya dengan derajat histopatologi risiko tinggi pada pasien retinoblastoma. Metode Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain potong lintang. Total 47 pasien yang terdaftar dalam penelitian ini. mRNA SIRPα diekstraksi dari bagian jaringan yang difiksasi dengan formalin, parafin dan dikuantifikasi dengan metode PCR kuantitatif. Hasil Semua sampel menunjukkan peningkatan ekspresi SIRPα (perubahan 12,38±5,69 kali lipat) jika dibandingkan dengan retina normal. Kami kemudian mengelompokkan pasien berdasarkan ekspresi SIRPα dan derajat histopatologi. Terdapat hubungan antara ekspresi SIRPα yang tinggi dengan derajat histopatologis risiko tinggi pada pasien retinoblastoma (p=0,003). Kesimpulan Pada penelitian ini didapatkan adanya peningkatan ekspresi SIRPα pada pasien dengan retinoblastoma. Lebih lanjut, ekspresi SIRPα yang tinggi dikaitkan dengan derajat histopatologis retinoblastoma yang berisiko tinggi.

Purpose To determine the expression of Signal Regulatory Protein Alpha (SIRPα) and its relationship with high-risk histopathology degree in retinoblastoma patients. Methods This was an analytic observational study with cross-sectional design. Total 47 patients were enrolled in this study. The mRNA of SIRPα were extracted from formalin-fixed, paraffin-embedded tissue sections and quantified with quantitative PCR method. Results All samples showed an increase of SIRPα expression (12.38±5.69 fold change) when compared to normal retina. We then grouped the patient based on SIRPα expression and histopathological degree. There was association between high expression of SIRPα and high-risk histopathological degree in patient with retinoblastoma (p=0.003). Conclusion There was an increased expression of SIRPα in patient with retinoblastoma. Furthermore, the high expression of SIRPα were associated with high-risk histopathological degree of retinoblastoma.

Kata Kunci : SIRPα, Retinoblastoma, mRNA, Immunotherapy, Histopathology

  1. SPESIALIS-2022-435907-abstract.pdf  
  2. SPESIALIS-2022-435907-bibliography.pdf  
  3. SPESIALIS-2022-435907-tableofcontent.pdf  
  4. SPESIALIS-2022-435907-title.pdf