Laporkan Masalah

KONSISTEN DI DUNIA PARIWISATA MELALUI LEARNING, BRAINSTORMING, DIGITALIZING & IMPROVING: STUDI KASUS START-UP PARIWISATA UNTUK BERTAHAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19

GANIVASARI CITRA L, Prof. Dr. Avin Fadilla Helmi, M.Si

2022 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Banyak perusahaan yang masih berjuang mengatasi dampak Covid-19, salah satunya start-up. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perilaku kerja inovatif pada tim start-up pariwisata yang mengalami dampak pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain multiple case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi start-up pariwisata untuk bertahan dari dampak pandemi di Indonesia adalah dengan konsisten menjalankan bisnis pariwisata dengan menerapkan perilaku kerja yang inovatif, yaitu pivot bisnis dari offline ke online. Proses tersebut terjadi secara cyclical dimulai dari learning: mempelajari kondisi eksternal untuk menemukan ide bisnis baru; brainstorming: memproses hasil pembelajaran dan merumuskan ide untuk beralih dari layanan offline ke online; digitalizing & improving: mengimplementasikan ide dengan membuat atau menggunakan platform digital dan menyiapkan model bisnis selama dan pascapandemi, dan kemudian kembali ke fase pertama untuk mengembangkan ide yang berkelanjutan. Terdapat juga faktor yang menghambat dan memengaruhi proses tersebut.

Many companies are still struggling to cope with the impact of Covid-19, including start-ups. This study aims to explore innovative work behaviors in tourism start-up teams experiencing the impact of the COVID-19 pandemic. This research uses qualitative method with multiple case study design. The results of the study show that the tourism start-up strategy to survive from the impact of the pandemic in Ind onesia is to consistently run a tourism business by implementing innovative work behaviors, which is business pivot from offline to online. The process occurs cyclically starting from learning: studying external conditions to find new business ideas; brainstorming: processing learning outcomes and formulating ideas to switch from offline services to online; digitizing & improving: implementing ideas by creating or using digital platforms and setting up business models during and post-pandemic, and then returning to phase one to develop sustainable ideas. There are also factors that hinder and influence this process.

Kata Kunci : COVID-19, perilaku kerja inovatif tim, sektor pariwisata, start-up, innovative team work behavior, tourism sector, start-ups

  1. S2-2022-448964-abstract.pdf  
  2. S2-2022-448964-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-448964-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-448964-title.pdf