Laporkan Masalah

Identifikasi Kebutuhan Lingkungan Ergonomis Restoran Untuk Makan di Tempat (dine in) di Era Tatanan Kehidupan Baru

M JIMLY IMAMUDDIN, Dr. Mirwan Ushada, S.T.P., M.App.Life.Sc; Dr. Agung Putra Pamungkas, S.T.P., M.Agr.

2022 | Tesis | MAGISTER TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Pandemi Covid-19 pada tahun 2020 mengakibatkan segala sesuatu berubah termasuk pola hidup manusia. Saat ini kegiatan yang dilakukan harus sesuai dengan protokol kesehatan. Terlepas dari tindakan protokol keamanan yang ketat dari restoran, pelanggan umumnya tidak merasa aman makan di restoran (dine in) selama pandemi. Pada penelitian ini, lingkungan restoran terbagi dalam bentuk kelas premium, deluxe, standard. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi atribut lingkungan yang ergonomis di restoran untuk makan ditempat (dine in) di era tatanan kehidupan baru. Total 503 responden dari 3 provinsi di pulau jawa (Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta) yang mengikuti survei dalam penelitian ini. Rinciannya, 41 responden dibutuhkan untuk wawancara, 418 responden untuk penentuan atribut dan 44 responden ahli untuk TOPSIS model. Hasil kansei menghasilkan atribut pada kelas premium sebanyak 37 atribut, kelas deluxe memiliki atribut sebanyak 39 atribut dan kelas standard memiliki atribut sebanyak 27 atribut. Alternatif terbaik yang didapatkan menggunakan metode TOPSIS adalah konsumen cenderung memilih restoran fasilitas kelas premium untuk melakukan dine in di restoran di era tatanan kehidupan baru.

The Covid-19 pandemic in 2020 caused everything to change, including the pattern of human life. Currently, the activities carried out must comply with health protocols. Despite the restaurant's strict safety protocol measures, customers generally do not feel safe eating in a restaurant (dine in) during a pandemic. This study classifies the restaurant environment in the form of premium, deluxe, standard classes using Kansei engineering. This study aims to identify the attributes of an ergonomic environment in a restaurant for dine-in in the era of the new life order. A total of 503 respondents from 3 provinces on the island of Java (East Java, Central Java, DI Yogyakarta) participated in the survey in this study. In detail, 41 respondents were needed for interviews, 418 respondents for attribute determination and 44 expert respondents for the TOPSIS model. Kansei results produce 37 attributes in the premium class, the deluxe class has 39 attributes and the standard class has 27 attributes. The best alternative obtained using the TOPSIS method is that consumers tend to choose premium class facilities to dine in at restaurants in the era of the new order of life.

Kata Kunci : Dine in, Ergonomi, Kansei Engineering, TOPSIS.

  1. S2-2022-453299-abstract.pdf  
  2. S2-2022-453299-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-453299-tableofcontent .pdf  
  4. S2-2022-453299-title.pdf