PENGARUH OPINI AUDITOR DAN PERGANTIAN AUDITOR TERHADAP REAKSI PASAR PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2019
SAFAATUL LAILI S, Prof. Dr. Bambang Sudibyo, M.B.A., Ak., CA.,
2022 | Skripsi | S1 AKUNTANSIAudit merupakan proses yang penting untuk menambah nilai pada realibilitas laporan keuangan. Peristiwa di sekitar audit seperti rilisnya opini auditor dan pergantian auditor menjadi hal yang penting untuk diperhatikan investor untuk melihat independensi auditor yang mengaudit entitas yang dimilikinya. Selain itu, audit juga memberikan sinyal kepada investor mengenai kewajaran akan laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh rilisnya opini auditor dan pergantian auditor terhadap reaksi pasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis studi peristiwa untuk menguji kandungan informasi dalam pengumuman rilisnya opini auditor dan pergantian auditor. Terdapat 18 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan uji paired sampel t-test dan wilcoxon signed ranked test dalam jendela periode 7 hari. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara kumulasi rilisnya opini auditor dan pergantian auditor tidak memiliki pengaruh yang berarti pada reaksi pasar.
Audit is an important process to add value to the reliability of financial statements. Events surrounding the audit, such as the release of the auditor's opinion and the auditors switching, are important things for investors to pay attention to see the independence of the auditors who audit their entities. In addition, the audit also provides a signal to investors regarding the fairness of the company's financial statements. This study aims to investigate the effect of the release of auditor's opinion and auditor switching on the market reaction. This research is a quantitative research with the type of event study to examine the information content in the announcement of the release of auditor opinion and auditor switching. There were 18 companies sampled in this study. The hypothesis in this study was tested using the paired sample t-test and the wilcoxon signed ranked test in a 7-day window period. The results of this study indicate that cumulatively the release of auditor's opinion and auditor switching has no significant effect on market reaction.
Kata Kunci : opini auditor, pergantian auditor, reaksi pasar