Laporkan Masalah

PERBANDINGAN PROPERTI PSIKOMETRI TES POTENSI AKADEMIK PASCASARJANA (PAPS) DARING DAN LURING

BONEFASIUS ANANDA J, Wahyu Widhiarso, S.Psi., M.A.

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Selama masa pandemi COVID-19, kebijakan untuk melakukan kegiatan secara daring, demi mencegah penyebaran COVID-19, telah diberlakukan di berbagai negara termasuk di Indonesia. Salah satu alat tes yang berubah administrasinya menjadi daring adalah tes PAPs. Tes PAPs (Potensi Akademik Pascasarjana) adalah tes kemampuan kognitif yang menekankan pada pengukuran potensi (menilai seberapa mudah memperoleh pengetahuan yang tidak mereka miliki) dan bukan pada prestasi aktual. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Marastuti, Anggoro, & Marvianto (2020) menemukan bahwa tes PAPs yang disajikan CBT dan PPT secara umum memiliki kesetaraan pada parameter taraf kesukaran item, daya diskriminasi item serta tingkat ketepatan item-nya. Penelitian kali ini bertujuan untuk membandingkan properti psikometri dari tes PAPs yang disajikan baik daring maupun luring. Analisis perbandingan properti psikometri menggunakan pendekatan Item Response Theory (IRT) yang mengukur taraf kesukaran item, daya diskriminasi item dan tingkat ketepatan item pada setiap subtes dalam tes PAPs luring maupun daring. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa perubahan administrasi tes PAPs seri 05 dan 06 dari luring menjadi daring secara umum tidak memiliki perbedaan yang fundamental pada properti psikometrinya.

During the COVID-19 pandemic, policies to carry out activities online, to prevent the spread of COVID-19, have been implemented in various countries, including Indonesia. One of the test tools that has changed its administration to online is the PAPs test. The PAPs (Postgraduate Academic Potential) test is a cognitive ability test that emphasizes measuring potential (assessing how easy it is to acquire knowledge that they do not have) and not on actual achievement. The results of research conducted by Marastuti, Anggoro, & Marvianto (2020) found that the PAPs test presented by CBT and PPT, in general, had equality in the parameters of item difficulty level, item discrimination power, and item accuracy level. This study aims to compare the psychometric properties of PAPs tests that are presented both online and offline. Comparative analysis of psychometric properties using the Item Response Theory (IRT) approach which measures the level of item difficulty, item discrimination power, and item accuracy level in each subtest in offline and online PAPs tests. The results of the study showed that the change in the administration of the PAPs series 05 and 06 from offline to online in general did not have a fundamental difference in their psychometric properties.

Kata Kunci : Tes PAPs, IRT, administrasi tes, daring, luring

  1. S1-2022-430578-abstract.pdf  
  2. S1-2022-430578-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-430578-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-430578-title.pdf