Laporkan Masalah

Peran Dukungan Sosial Orang Tua dan Resiliensi terhadap Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Tahun Pertama Selama Perkuliahan Daring

JINGGAN ANGGUN P, Budi Andayani, Dr., M.A., Psikolog.

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Tantangan transisi pendidikan, perkembangan, dan penyesuaian terhadap kehidupan perkuliahan daring yang dialami mahasiswa tahun pertama menjadi masa kritis yang dapat menyebabkan tekanan psikologis sehingga meningkatkan risiko kesejahteraan psikologis yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran dukungan sosial orang tua dan resiliensi terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa tahun pertama yang sedang menjalani perkuliahan daring. Partisipan penelitian terdiri dari 182 mahasiswa tahun pertama Universitas Gadjah Mada (M = 18.4 tahun, SD = 0,665). Alat ukur penelitian ini terdiri dari skala kesejahteraan psikologis, skala dukungan sosial orang tua, dan skala resiliensi (CD-RISC 10). Hasil analisis menggunakan teknik regresi berganda menunjukkan bahwa dukungan sosial orang tua dan resiliensi secara bersama-sama berperan terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa tahun pertama selama perkuliahan daring, dengan sumbangan efektif sebesar 36,1% (p<0,05).

The challenges of educational transition, development, and adjustment to online college life experienced by first-year students become a critical period that can cause psychological stress, thereby increasing the risk of poor psychological well-being. This study aims to examine the role of social support and parental resilience on the psychological well-being of first-year students who are undergoing online lectures. Research participants were 182 first-year students at Gadjah Mada University (L = 18.4 years, SD = 0.665). The measuring instrument of this study consisted of a psychological well-being scale, a parental social support scale, and a resilience scale (CD-RISC 10). The analysis results using multiple regression techniques show that social support and parental resilience simultaneously contribute to the psychological well-being of first-year students during online lectures, with an effective contribution of 36.1% (p<0.05). Keywords:

Kata Kunci : mahasiswa tahun pertama, kesejahteraan psikologis, resiliensi, dukungan sosial orang tua, perkuliahan daring

  1. S1-2022-430591-abstract.pdf  
  2. S1-2022-430591-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-430591-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-430591-title.pdf