Laporkan Masalah

Dinamika Efikasi Diri Sosial Mahasiswa Baru dalam Sistem Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

SINTA KARTIKA W, Elga Andriana, S.Psi, M.Ed, Ph.D.

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Pandemi COVID-19 menyebabkan transformasi sistem pembelajaran serba daring. Hal ini berdampak bagi mahasiswa baru yang mengalami kendala dan kekhawatiran berkaitan dengan proses adaptasi atau interaksi dengan teman-teman baru. Mahasiswa baru mengalami keterbatasan untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan baru, serta merasa tidak percaya diri dengan kemampuan sosial yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi dinamika efikasi diri sosial mahasiswa baru dengan skema pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan partisipan yang terlibat yaitu tiga mahasiswa baru angkatan 2020/2021 yang belum terlibat dalam kegiatan orientasi atau pembelajaran secara luring. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur dan prosedur analisis data menggunakan metode Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Temuan penelitian ini digambarkan dalam empat tema utama, yaitu sumber-sumber efikasi diri sosial, proses penerimaan situasi daring, proses adaptasi sosial dan gambaran efikasi diri sosial, serta dampak efikasi diri sosial yang berbeda-beda dikarenakan tingkat efikasi diri sosial partisipan yang berbeda-beda.

Pandemic COVID-19 has an impact on new students who experience obstacles and concerns related to the adaptation process or interaction with new friends. New students experience limitations in communicating and establishing new relationships, and not sure about their social skills. The purpose of this study is to explore the dynamics of new students' social self-efficacy with online learning schemes. This study uses a qualitative approach with three participants involved from the 2020/2021 batch who have not been involved in an offline orientation or learning activities. The data collection techniques used semi-structured interviews and data analysis procedures using the Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) method. The findings of this study are described in four main themes, namely the sources of social self-efficacy, the process of accepting online situations, the process of social adaptation and description of social self-efficacy, and the impact of different social self-efficacy due to the different levels of social self-efficacy of participants.

Kata Kunci : efikasi diri sosial, mahasiswa baru, pandemi COVID-19, pembelajaran daring/COVID-19 pandemic, new students, online learning, social self-efficacy

  1. S1-2022-428003-abstract.pdf  
  2. S1-2022-428003-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-428003-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-428003-title.pdf