Laporkan Masalah

Examining The Effectiveness of Online Teaching Program During The Covid-19 Pandedmic: Yogyakarta Senior High School Student Perspective

IHWAN AHMAD F, Dr. Gabriel Lele, M.Si.

2022 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Sejak Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi global, pengajaran jarak jauh dan penggunaan perangkat digital menjadi metode yang andal di sektor pendidikan dan telah telah diterapkan dengan cepat di seluruh dunia. Sebagai salah satu kota di Indonesia yang dikenal dengan sektor pendidikan yang baik, Yogyakarta diharapkan memiliki strategi revolusioner dan inovasi terhadap metode pengajaran selama situasi pandemi. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis dan berfokus pada implementasi program pengajaran online yang telah dilaksanakan di Yogyakarta khususnya di Kecamatan Kota Yogyakarta. Tujuan dari ini penelitian adalah untuk menguji keefektifan dan faktor-faktor yang menentukan efektivitas pengajaran online di Kecamatan Kota Yogyakarta yang penerimaan dan keterlibatan siswa terhadap program pengajaran online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan data dan statistik inferensial untuk menarik kesimpulan. Data diperoleh melalui angket yang telah dibagikan kepada siswa SMA yang terletak di Kecamatan Kota Yogyakarta. Dari penelitian ini ditemukan bahwa efektivitas pengajaran online di Kecamatan Kota Yogyakarta tergolong baik di mana penerimaan dan keterlibatan siswa secara bersamaan dan secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas pembelajaran online di Indonesia Kabupaten Kota Yogyakarta. Namun, karena fokus penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas pengajaran online hanya melalui perspektif siswa, mungkin ada faktor lain yang mempengaruhi efektivitas pengajaran online yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Since the Covid-19 declared as the global pandemic, distance teaching and the use of digital tools become a reliable method in the education sector and has been applied rapidly in all over the world. As one of the cities in Indonesia that is known for the good education sector, Yogyakarta is expected to have revolutionary strategies and innovation towards teaching methods during the pandemic situation. Therefore, this study analyzes and focuses on the implementation of the online teaching program that has been implemented in Yogyakarta especially in the District of Yogyakarta City. The purpose of this study is to examine the effectiveness and the factors that determine the effectiveness of online teaching in the District of Yogyakarta City which is the acceptance and engagement of student towards the online teaching program. This study uses quantitative methods with descriptive statistics to describe the data and inferential statistics to draw the conclusion. The data were gained through questionnaire that has been distributed to senior high school students that located in the District of Yogyakarta City. From this study it is found that the effectiveness of online teaching in the District of Yogyakarta City is classified as good where both students� acceptance and engagement simultaneously and partially have a significant influence on the effectiveness of online teaching in Yogyakarta City Regency. However, since the focus of this study is to examine the effectiveness of online teaching only through the perspective of student, there might other factors that affecting the effectiveness of online teaching which not examined in this study.

Kata Kunci : Covid-19, Effectiveness, Online Teaching, Students Response

  1. S1-2022-429323-abstract.pdf  
  2. S1-2022-429323-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-429323-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-429323-title.pdf