Laporkan Masalah

Peran Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Akademik Mahasiswa dalam Melakukan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19

MASRARA ESTUMI, Edilburga Wulan Saptandari

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial terhadap motivasi akademik mahasiswa dalam melakukan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Hipotesis dalam penelitian ini adalah semakin tinggi dukungan sosial yang diterima mahasiswa maka semakin tinggi pula motivasi akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan skala sebagai instrumen dalam pengukuran variabel penelitian. Terdapat 2 skala yang digunakan, yaitu Academic Motivation Scale: Short Indonesian Language Version (Natayla, 2018) dan The Multidimensional Scale of Perceived Social Support (Zimet, 1988). Partisipan dari penelitian ini sebanyak 260 mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia. Hasil penelitian ini diperoleh nilai koefisien R sebesar 0,311 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Maka dari itu, dukungan sosial memiliki sumbangan efektif sebesar 9,7% terhadap motivasi akademik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial memiliki peran yang signifikan terhadap motivasi akademik mahasiswa saat pembelajaran selama pandemi COVID-19.

This study aims to examine the role of social support on predicting academic motivation in college students learning during the COVID-19 pandemic. It was hypothesized that the higher the social support received by college students, the higher the academic motivation is. This study used quantitative method with scales as instruments in measuring the variables. This study consists of 2 scales, namely Academic Motivation Scale: Short Indonesian Language Version (Natayla, 2018) and The Multidimensional Scale of Perceived Social Support (Zimet, 1988). Participants in this study were 260 students from universities in Indonesia. The results show an R coefficient of 0.311 with a significance level of 0.000 (p < 0.05). Thus, social support has an effective contribution of 9.7% to academic motivation. Therefore, it can be concluded that social support has a significant role in academic motivation in college students learning during COVID-19 pandemic.

Kata Kunci : dukungan sosial, mahasiswa, motivasi akademik, pandemi COVID-19

  1. S1-2022-424496-abstract.pdf  
  2. S1-2022-424496-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-424496-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-424496-title.pdf