Laporkan Masalah

Peran Konsep Diri dan Efikasi Diri Akademik terhadap Aspirasi Karir Mahasiswa

CHIKALLUA MILENIA, Wahyu Jati Anggoro, S.Psi., M.A.

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Aspirasi karir penting untuk mengarahkan mahasiswa pada kesuksesan akademik dan perkembangan karir ke depan. Aspirasi karir menjadi sesuatu yang harus dimiliki oleh mahasiswa karena pada masa dewasa awal merupakan puncak dimana seseorang harus memutuskan jalan yang harus diambil demi kesuksesan karir selanjutnya. Mahasiswa berusaha untuk mengeksplorasi tentang dirinya, mulai dari persepsi mengenai diri dan bagaimana individu menghadapi tugas sebagai mahasiswa agar tujuan karir terbentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran konsep diri dan efikasi diri akademik terhadap aspirasi karir pada mahasiswa. Partisipan berjumlah 207 mahasiswa S1 yang memasuki usia dewasa awal (18-24 tahun) terdiri dari 162 perempuan dan 45 laki-laki. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Career Aspiration Scale untuk mengukur aspirasi karir, Skala efikasi diri akademik, Skala konsep diri. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan nilai F(2,204) = 29,9 pada taraf signifikansi p <0.001 dengan nilai R^2= 22,7 yang berarti bahwa konsep diri dan efikasi diri akademik berperan signifikan terhadap aspirasi karir mahasiswa dengan sumbangan efektif sebesar 22,7%.

Career aspiration is crucial to lead college students over their academic success and future career development. Career aspirations have to be posed to college students because this group of emerging adults requires taking responsibility about decisions that come forth in their life. Self perception is about to be explored and task performance has to be improved for individual career goals. This study aims to examine the role of self-concept and academic self efficacy on career aspirations among college students. Participants were 207 students with the age range of 18-24 years old consisting of 162 women and 45 men. Data was collected through CAS-R adaptation to measure career aspiration, Self-Concept Questionnaire (PSQ) to measure self-concept and Academic Self Efficacy Scale to measure academic self-efficacy. Multiple regression was used to examine the hypothesis. The results showed value F(2,204) = 29,9 with level significance is (p<0,001) with value R^22 = 22,7 which means that self-concept and academic self-efficacy play a significant role on career aspiration among college students, with an effective contribution of 22,7%.

Kata Kunci : aspirasi karir, konsep diri, efikasi diri akademik

  1. S1-2022-424474-abstract.pdf  
  2. S1-2022-424474-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-424474-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-424474-title.pdf