Laporkan Masalah

Hubungan antara Pola Asuh Authoritative Orang Tua dan Self-Efficacy terhadap Pengambilan Keputusan dalam Berkarier pada Mahasiswa Tingkat Akhir selama Masa Pandemi COVID-19

ANNISA LYDYA R, Elga Andriana, S.Psi., M.Ed., Ph.D.

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Mahasiswa tingkat akhir sangat erat kaitannya dengan pemilihan karier mereka kedepannya. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi individu dalam mengambil keputusan berkarier adalah pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh authoritative orang tua terhadap self-efficacy dalam pengambilan keputusan berkarier serta dampak yang disebabkan pandemi COVID-19 terhadap self-efficacy mahasiswa tingkat akhir dalam mengambil keputusan berkarier. Desain penelitian ini menggunakan metode campuran berupa sequential explanatory. Analisis data kuantitatif menggunakan metode uji korelasi serta regresi linear sederhana pada 120 partisipan mahasiswa tingkat akhir. Sedangkan untuk data kualitatif digunakan metode analisis tematik pada 7 partisipan yang melakukan Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara pola asuh authoritative orang tua terhadap self-efficacy dalam pengambilan keputusan berkarier dan pandemi COVID-19 tidak berdampak secara signifikan terhadap self-efficacy mahasiwa tingkat akhir dalam mengambil keputusan dalam berkarier.

Final year students are closely related to their future career choices. One of the factors that influence individual in making career decisions is parenting style. This research aims to determine the relationship between authoritative parenting style toward career decision-making self-efficacy and the impact caused by the COVID-19 pandemic on final year students' self-efficacy in making career decisions. The design of this study used a mixed method in the form of sequential explanatory. Quantitative data analysis was done using correlation test and simple linear regression method on 120 final year student participants. As for the qualitative data, the thematic analysis method was used for 7 participants who conducted Focus Group Discussions (FGD). The results of this research showed that there was a positive relationship between parental authoritative parenting and self-efficacy in career decisions making and the COVID-19 pandemic did not significantly impact on final year students’ career decision-making self-efficacy.

Kata Kunci : pola asuh authoritative orang tua, self-efficacy dalam pengambilan keputusan berkarier, mahasiswa tingkat akhir, COVID-19 / authoritative parenting style, career decision-making self-efficacy, final year students, COVID-19

  1. S1-2022-430575-abstract.pdf  
  2. S1-2022-430575-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-430575-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-430575-title.pdf