Laporkan Masalah

Peran Kepribadian terhadap Intensi Mencari Bantuan pada Generasi Z Kelompok Usia Dewasa Muda

RESA ADI PANUNTUN, Idei Khurnia Swasti, M. Psi., Psikolog

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Mencari dan mendapat bantuan penting untuk mengatasi permasalahan hidup yang tidak bisa diselesaikan oleh diri sendiri demi menggapai kesejahteraan dan sehatnya diri individu. Studi sebelumnya menunjukkan pencarian bantuan terdiri dari sikap, perilaku, dan intensi mencari bantuan individu yang mana dipengaruhi beberapa faktor seperti ciri kepribadian individu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran kepribadian berdasarkan teori Big Five terhadap help seeking intention yang terdapat pada individu generasi Z. Penelitian ini merupakan studi cross-sectional dengan survei. Pengambilan data menggunakan teknik convenience sampling, kuesioner disebarkan secara daring dan melibatkan 142 partisipan yang berusia 18-25 tahun (Musia = 21,38). Uji regresi berganda menunjukkan bahwa ciri kepribadian extraversion dan agreeableness memiliki peran terhadap intensi mencari bantuan sedangkan conscientiousness, neuroticism, dan openness tidak berperan.

Seeking and getting help are important to overcome life problems that cannot be solved by oneself in order to achieve individual well-being and health. The previous study shows that help-seeking consists of attitudes, behavior, and intention to seek help which is influenced by several factors such as personality traits. This study aims to determine the role of personality using the Big Five theory on the help-seeking intention in people of generation Z. This is a cross-sectional study that was conducted by the survey. Data collection used convenience sampling technique, by distributing online questionnaires and involving 142 participants aged 18-25 years old (Mage = 21,38). Multiple Regression analysis shows that extraversion and agreeableness have effects on help seeking intention while conscientiousness, neuroticism, and openness do not.

Kata Kunci : personality, big five personality, help seeking intention, generation z

  1. S1-2022-412982-abstract.pdf  
  2. S1-2022-412982-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-412982-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-412982-title.pdf