Laporkan Masalah

Insentif Karir Persepsian pada Intensi Turnover: Bukti Empiris Variabel Moderator Modal Sosial pada Generasi Z dan Milenial di Indonesia

MUTIARA INAS SARI, Choirunnisa Arifa, S.E., M.Sc., Ph.D, Ak., CA.

2022 | Tesis | MAGISTER SAINS AKUNTANSI

The Deloitte Millenial Survey 2020 menemukan bahwa hampir 50% generasi muda yang dominasi oleh generasi Z dan milenial berkeinginan untuk meninggalkan perusahaannya dalam dua tahun ke depan. Kenyataan dari survei di atas membawa penelitian ini dilakukan untuk menganalisis peran modal sosial pada hubungan antara insentif karir persepsian dan intensi turnover pada generasi Z dan milenial di Indonesia. Analisis regresi yang dimoderasi diaplikasikan pada studi ini untuk menginvestigasi apakah ada peran variabel moderator modal sosial. Kuesioner daring digunakan untuk mengumpulkan data dan ada sebanyak 324 responden final yang sesuai kriteria dan dapat dianalisis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang negatif signifikan antara insentif karir persepsian dan intensi turnover. Tingkat kepemimpinan otentik dan iklim organisasi mendukung yang merupakan representasi modal sosial sebagai variabel moderator ditemukan memoderasi hubungan insentif karir persepsian dan intensi turnover dengan menurunkan tingkat intensi turnover. Temuan ini dapat menjadi masukan bagi pemberi kerja bahwa kombinasi insentif karir dan modal sosial yang baik dapat mempertahankan karyawan di perusahaan saat ini.

The Deloitte Millenial Survey 2020 found that nearly 50% of young generations Z and millenials are intended to leave their companies within two years. Due to the fact above, this research is proposed to analyze social capital role into the relationship between perceived career incentives and turnover intentions among generation Z dan millenials in Indonesia. Moderated regression analysis is applied in this study to investigate the moderator variable role. There are 324 final respondents who fulfilled our criteria and are analyzed in our online questionnaire. The research findings showed that there is negative significant association between perceived career incentive and turnover intention. Furthermore, moderating variable existence are found in the relationship that authentic leadership and supportive organizational climate as social capital representation are found to moderate the relationship between perceived career incentive and turnover intention. Hence, the social capital can be one important factor to make employees feel safe in their workforce. This findings can be an advice for employers that combination between good career incentive and social capital can retain employees for moving out to the other companies.

Kata Kunci : intensi turnover, insentif karir persepsian, modal sosial, kepemimpinan otentik, iklim organisasi mendukung

  1. S2-2022-437102-abstract.pdf  
  2. S2-2022-437102-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-437102-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-437102-title.pdf