Laporkan Masalah

PERAN DUKUNGAN SOSIAL DAN HARDINESS TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR SELAMA PANDEMI COVID-19

FADHILA DEVANI, Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog

2022 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Penulisan tugas akhir yang dikerjakan selama pandemi semakin menambahkan beban pikiran mahasiswa hingga memunculkan stres akademik. Penelitian ini merupakan penelitian survei kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial dan hardiness terhadap tingkat stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir selama pandemi COVID-19. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan platform Google Form yang melibatkan partisipan sebanyak 203 orang. Pengolahan data dilakukan menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial dan hardiness secara bersama-sama berperan terhadap stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir sebesar 10.8 % (F = 12.107, p < 0.05). Oleh karena itu hipotesis yang diajukan pada penelitian ini diterima. Implikasi dari penelitian ini ialah sebagai tambahan informasi bagi para mahasiswa tingkat akhir bahwa mendapatkan dukungan sosial dari segi informasional dan memiliki hardiness dari segi komitmen bisa meringankan stres akademik yang dialami selama mengerjakan tugas akhir di masa pandemi COVID-19.

Writing thesis during pandemic added to the burden on student's minds to the point of causing academic stress. This study is a quantitative survey that aims to determine the role of social support and hardiness on academic stress levels in final-year college students during the COVID-19 pandemic. Data collection was carried out by distributing questionnaires using the Google Form platform which involved 203 subject. Data processing was carried out using multiple regression techniques. The results showed that social support and hardiness together contributed to academic stress in final-year college students by 10.8% (F = 12.107, p < 0.05). Therefore, the hypothesis proposed in this study is accepted.

Kata Kunci : COVID-19, dukungan sosial, hardiness, mahasiswa tingkat akhir, stres akademik

  1. S2-2022-448959-abstract.pdf  
  2. S2-2022-448959-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-448959-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-448959-title.pdf