Peran Self-Esteem dan Sikap Kompetitif terhadap Perilaku Fear of Missing Out (FOMO) pada Mahasiswa Pengguna LinkedIn dalam Mencari Pekerjaan Magang
DWIKY OCTAVIANI, Wahyu Jati Anggoro, S. Psi., M.A
2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIAdanya kesenjangan antara jumlah lowongan pekerjaan magang yang terbatas dengan banyaknya mahasiswa tingkat akhir yang mencari magang, berdampak pada perilaku fear of missing out (FOMO). Pencapaian teman sebaya yang berhasil mendapatkan magang juga dapat menyebabkan mahasiswa mengakses situs pencari kerja secara berlebihan, sebagai ajang pembuktian diri bahwa mereka juga mampu. Perilaku tersebut berkesinambungan dengan sikap kompetitif. Tujuan penelitian ini, yakni untuk mengetahui adanya peran dari self-esteem dan sikap kompetitif terhadap perilaku FOMO. Partisipan penelitian ini, yaitu 188 mahasiswa tingkat akhir (�¢ï¿½�¥ semester 5) perguruan tinggi di Indonesia yang berusia 18�¢ï¿½ï¿½24 tahun, aktif menggunakan LinkedIn, dan sedang mencari magang. Harga diri diukur dengan Rosenberg Self-Esteem Scale yang diadaptasi oleh Widhiarso (2013). Sikap kompetitif diukur menggunakan Competitive Attitude Scale (CAS) yang diadaptasi dan dimodifikasi oleh peneliti dan pengukuran FOMO dilakukan menggunakan FOMO Scale yang diadaptasi oleh Helmi (2020). Metode analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan F=21,8 (p<0,001) dan R���²=19,1 (p<0,001) yang berarti perilaku FOMO dapat diprediksi oleh harga diri dan sikap kompetitif.
The existence of a gap between the minimal internship job vacancies and the large number of final year college students seeking internships has an impact on fear of missing out (FOMO) behavior. Achievements obtained by peers who successfully get the internships can also cause the students to access job search sites excessively, as a means of proving themselves that they are capable. This behavior is related to a competitive attitude. The purpose of this study is to find out the role of self-esteem and competitive attitudes towards FOMO behavior. The participants were 188 final year students (�¢ï¿½�¥ semester 5) in all universities across Indonesia that aged 18�¢ï¿½ï¿½24 years old, actively using LinkedIn, and looking for internships. Self-esteem is measured by the Rosenberg Self-Esteem Scale which was adapted by Widhiarso (2013). Meanwhile, competitive attitude was measured using the Competitive Attitude Scale (CAS) which was adapted and modified by the researcher and the FOMO behavior was measured using the FOMO Scale adapted by Helmi (2020). The multiple linear regression analysis technique was used for the data analysis method. The results obtained showed F=21,8 (p<0,001) and R���²=19,1 (p<0,001) which means that FOMO behavior can be predicted by self-esteem and competitive attitude.
Kata Kunci : FOMO, harga diri, sikap kompetitif, magang