Laporkan Masalah

Adaptasi dan Validasi School Refusal Assessment Scale - Revised (SRAS-R) ke dalam Bahasa Indonesia

WIDIANTORO, Dr. rer. pol. Bhina Patria, M.A.

2022 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

School refusal assessment scale - revised (SRAS-R) merupakan instrumen yang dikembangkan untuk membantu menangani kasus school refusal. Namun, saat ini instrumen SRAS-R belum ada di Indonesia. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan proses adaptasi dan validasi SRAS-R ke dalam bahasa Indonesia. Proses adaptasi yang dilakukan mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh International Test Commission (2017). Partisipan yang terlibat merupakan siswa SMP dan SMA yang berusia antara 12 sampai 17 tahun (n = 381). Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa 13 aitem SRAS-R versi bahasa Indonesia memiliki daya beda yang baik, reliabel serta memiliki bukti validitas isi, validitas berdasarkan kriteria serta validitas konstrak.

School refusal assessment scale - revised (SRAS-R) is an instrument which is developed to handle school refusal cases. However, SRAS-R instrument currently does not exist in Indonesia. Therefore, the aim of this study is to adapt and validate SRAS-R into Bahasa Indonesia. The adaptation procedure is based on International Test Commission (2017). Participants were junior and senior high school students aged 12 to 17 (n = 381). The final results of this study indicate that the 13 items of the Indonesian version of the SRAS-R have good item discrimination, reliable and have evidence of content validity, criterion validity and construct validity.

Kata Kunci : Adaptasi, School Refusal, Validasi

  1. S2-2022-449029-abstract.pdf  
  2. S2-2022-449029-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-449029-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-449029-title.pdf