FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECENDERUNGAN DEPRESI PADA ANAK SEKOLAH DASAR SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA
FITRI WAHYUNI, Sri Hartini, S.Kep., Ns., M.Kes., Ph.D
2022 | Tesis | MAGISTER KEPERAWATANLatar Belakang: COVID-19 merupakan penyakit menular yang diakibatkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS CoV-2). Upaya pencegahan penyebaran virus ini dilakukan seperti karantina di rumah, menjaga jarak sosial, penutupan akses jalan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), lockdown, serta kebijakan penutupan semua fasilitas umum termasuk didalamnya penutupan sekolah dan taman bermain anak. Dampak dari kondisi tersebut anak menjadi tidak bisa bermain dan berinteraksi dengan temannya, orang tua mengalami tekanan dan stres yang mempengaruhui pola asuhnya serta meningkatnya kasus kekerasan pada anak yang berimbas pada peningkatan kecenderungan depresi pada anak. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kecenderungan depresi pada anak sekolah dasar selama pandemi COVID-19. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif korelatif dengan desain cross sectional. Responden penelitian ini adalah orang tua dan anak Sekolah Dasar kelas 3-5 rentang usia 9-12 tahun di Kabupaten Sleman dengan responden berjumlah 189 pasang orang tua dan anak. Kuesioner yang digunakan Children's Depression Inventory (CDI), Parenting Stres Scale (PSS), Multidimentional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan kuesioner Pola asuh. Analisis bivariate menggunakan Spearman dan Mann Whitney untuk mengetahui hubungan tiap faktor dengan kecenderungan depresi anak dan regresi linier digunakan untuk mengetahui faktor paling dominan yang berhubungan dengan kecenderungan depresi anak. Hasil: Faktor yang berhubungan dengan kecenderungan depresi anak sekolah dasar pada penelitian ini adalah usia (p=0,001), jenis kelamin (p=0,008), dukungan sosial (p=0,031) dan stres pengasuhan (p=0,004). Pola asuh dan kehilangan orang tua tidak berhubungan dengan kecenderungan depresi pada anak (p=0,437). Faktor yang paling dominan yang berhubungan dengan kecenderungan depresi pada anak sekolah dasar selama pandemi COVID-19 adalah stres pengasuhan (p=0,001, B = 2,65). Kesimpulan: Usia, jenis kelamin, stres pengasuhan dan dukungan sosial menjadi faktor yang berhubungan dengan kecenderungan depresi pada anak sekolah dasar. Stres pengasuhan menjadi faktor yang paling dominan berhubungan dengan kecenderungan depresi pada anak sekolah dasar selama pandemi COVID-19.
Background: COVID-19 is an infectious disease caused by Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS CoV-2). Efforts to prevent the spread of this virus have been carried out by several countries in various ways, such as quarantine at home, maintaining social distance, closing road access, Large Scale ocial restrictions, lockdown, and closing all public facilities, including closing schools and childrens playgrounds. The impacts of this condition is that children are unable to play and interact with their friends, parents experience pressure and stres that affect their parenting patterns and increase cases of violence in children which have an impact on increasing depression tendencies in children. Objective: To find out the factors related to the tendency of depression in elementary school children during the COVID-19 Pandemic Method: This research is a quantitatif descriptive correlative research with a cross sectional research design. The respondents of this study were parents and children of elementary school grades 3-5 in Sleman Regency with 189 pairs of parents and children as respondents. The questionnaires used were Children's Depression Inventory (CDI), Parenting Stres Scale (PSS), Multidimentional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) and Parenting Questionnaire. The analysis used Spearman and Mann Whitney to determine the relationship of each factor with the tendency of depression in children and linear regression was used to determine the dominant factor associated with the tendency of depression in children. Result: Factors related to depression tendencies in elementary school children in this study were age (p=0.001), gender (p=0.008), social support (p=0.031), and parenting stres (p=0.004). Parenting style and loss of parents were not associated with tendencies of depression in children (p=0.437). Conclusion: Parenting stress, social support, age, gender are factors associated with the tendency of depression in elementary school children. Parenting stres is the most dominant factor associated with the tendency of depression in elementary school children during pandemic COVID-19.
Kata Kunci : Anak, COVID-19, Depresi, Dukungan sosial, Pengasuhan