Laporkan Masalah

Respon petani terhadap pendidikan formal anak dan harapan kerja masa depan di Desa Kedung Kembar Kec. Prambon Kab. Sidoarjo Jawa Timur

SUWANDA, I Made, Dr. Susetiawan

2003 | Tesis | S2 Ketahanan Nasional

Pendidikan merupakan pilihan terbaik bagi pemerintah untuk mengatasi pertumbuhan penduduk yang semakin bertambah serta dalam mengjar ketertinggalan dari negara lain. Melalui pendidikan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang juga berarti mengangkat harkat, derajat serta martabat warganya. Kenyataannya, pelaksanaan pendidikan yang sedang berjalan selama ini pendidikan dengan beaya tinggi. Oleh karenanya, pendidikan yang ada hanya dapat dinikmati oleh mereka yang berduit. Petani yang nmerupakan mata pencaharian sebagian besar warga negara Indonesia, kondisi sosial ekonomi keluarganya sangat rendah. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah respon petani terhadap pendidikan formal anaknya? Bagaimanakah respon petani terhadap harapan kerja masa depan anaknya? Mengapa respon petani seperti itu? Bagaimanakah rasionalitas respon tersebut dapat dipahami?Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan mengambil lokasi di Desa Kedung Kembar Kec. Prambon Kab. Sidoarjo Jawa Timur. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang kepala keluarga petani yang terklasifikasi ke dalam petani kaya sebanyak 8 orang, petani sedang 18 orang serta petani miskin sebanyak 74 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling . Data yang diperoleh dianalisis melalui analisis deskriptif dengan bantuan tabel frekuensi. Hasil analisis menunjukkan bahwa petani kaya dengan jumlah penghasilan yang besar, tingkat pendidikannya cukup, jumlah anak sedikit merespon jenis pendidikan anaknya tinggi. Hampir semua petani kelompok ini menyekolahkan anaknya pada sekolah menengah umum, dengan harapan kelak anak-anaknya memiliki lebih banyak pilihan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Sedangkan respon mereka terhadap pekerjaan masa depan anak-anaknya, hampir semua petani menyerahkan sepenuhnya terhadap anaknya sendiri untuk menentukan pilihan pekerjaan yang disukai. Petani sedang dengan penghasilan yang juga sedang, tingkat pendidikan cukup, jumlah anak relatif sedikit merespon jenis pendidikan anaknya sedang. Sebagian besar petani kelompok ini menyekolahkan anaknya ke sekolah menengah kejuruan dengan harapan setelah menyelesaikan pendidikannya segera memperoleh pekerjaan sebagai pegawai negeri dan atau ABRI.Petani kecil dengan pendapatan yang sedikit, pendidikan rendah dan bahkan tidak sekolah, jumlah anak yang relatif banyak merespon pendidikan anaknya rendah. Hampir semua petani yang mampu menyekolahkan anaknya sampai ke sekolah menengah memilihkan pendidikan anaknya pada pendidikan menengah kejuruan, dengan haapan segera memperoleh pekerjaan. Semua petani kelompok miskin ini menginginkan anaknya bekerja di luar sektor pertanian (non petani).

Education is the best choice for government to handle all prOblems, Which appear the impact of the greater population growth, and also to chase the left behind from other countries. So, the implemented education can be sensed by the whole of society. However, because the economy social level in society is different, in the reality their response toward the education is also different including by peasant society. The proposed problem in this study is how the peasant response toward children education that? Why the peasant response like that? This study is desciptive study by taking the location in Kedung Kembar Village, Prambon District, Sidoarjo Regency, East Java. There are 100 peasant families as a sample, which is clarificated into the rich peasant, is 8 peasant families, the middle peasant is 18 families, and the poor peasant is 74 families. The taken sample is done by using proposional random sampling technique. Gained data is analyzed by using desciptiev analysis by helping frequency table. The analysis result show that the rich peasant with the hight income gives the bight response toward their children education. While, hoping working their children in the future completely depends on their own children to determine their choice. The middle peasant with the eduquate income, give the moderate response toward their children education by hoping their children in the future can work as the state official or TN1 POLR1. The poor peasant with the low income gives the low response toward the children education. The poor peasant hopes their childrenin the future working as either state or private official.

Kata Kunci : Ketahanan Nasional, Pendidikan Formal, Respon Petani


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.