ANALYSIS ON THE RELATIONSHIP BETWEEN BUSINESS & MANAGEMENT KNOWLEDGE, IMPLEMENTATION, AND BUSINESS PERFORMANCE OF MSME IN INDONESIA
M IRSHADI WARDHANA, T. Hani Handoko, Dr., M.B.A.
2021 | Tesis | Magister ManajemenTulisan ini mencoba menggali fenomena dalam perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Ini memiliki dua masalah penelitian, yaitu peran pengetahuan dalam teori bisnis dan manajemen terhadap implementasi bisnis dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi kinerja bisnis dalam hal pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM di Yogyakarta, Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut. Pertama, sejauh mana pengetahuan pemilik atau pengelola UMKM tentang teori bisnis dan manajemen? Kedua, bagaimana pemilik atau pengelola UMKM membuat keputusan bisnis dan manajemen untuk bisnis? Ketiga, bagaimana hal itu mempengaruhi pembangunan dalam hal pertumbuhan dan keberlanjutan? Studi ini mengadopsi metode penelitian kualitatif terhadap empat pemilik usaha mikro dan kecil di Yogyakarta, Indonesia, menggunakan wawancara semi-terstruktur untuk mendapatkan data primer. Temuan menunjukkan bahwa responden penelitian ini memiliki pengetahuan terbatas dalam teori bisnis dan manajemen dalam empat dimensi, yaitu strategis, operasi, pemasaran, dan keuangan. Keterbatasan terhadap pengetahuan ini menciptakan kekosongan dalam implementasi atau operasi bisnis mereka, yang cenderung kurang terstruktur, kurang terencana, dan kurang terorganisir. Hal ini mengakibatkan paradigma tertentu yang mengarah pada beberapa masalah dalam bisnis mereka yang dalam jangka panjang berdampak pada pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis.
This paper tries to explore phenomena in the development of micro, small, and medium enterprises (MSMEs) in Indonesia. It has two research issue, namely the role of knowledge in business and management theories toward the implementation of the business and how it would affect the performance of the business in terms of growth and sustainability of MSMEs in Yogyakarta, Indonesia. This study aims to answer the following questions. First, to what extent is the knowledge of MSMEs owners or managers about business and management theories? Second, how does MSMEs owners or managers make business and management decision for the business? Third, how do those affect the development in terms of growth and sustainability? This study adopted a qualitative research method toward four micro and small business owners in Yogyakarta, Indonesia, using a semi-structured interview to obtain primary data. The findings indicated that the respondents of this research have limited knowledge in theories of business and management in four dimensions, which is strategic, operation, marketing, and finance. The limitation toward these knowledges creates a hollow in their implementation or operation of the business, which tends to be less structured, less planned, and less organized. This is resulting in certain paradigm that leads to some issues in their business which in the long run impacting the growth and sustainability of the business.
Kata Kunci : Bisnis dan Manajemen, Pengetahuan, UMKM, Kinerja bisnis