Market Analysist of Covid-19. An Internship Report at CV. Jalu Teknik
ARLEN KUSUMA ANDREAN, Amin Wibowo, Ph.D
2022 | Tesis | Magister ManajemenSudah hampir dua tahun sejak penyebaran wabah Covid-19 di seluruh dunia. Departemen Riset dan Teknologi Indonesia menemukan bahwa tarif ekspor maupun impor turun sebesar 10%- 15%. Meskipun hal ini bisa dianggap sebagai situasi buruk bagi perusahaan ekspor-impor, namun faktanya, trend belanja online justru meningkat. Hal ini cukup memprihatinkan karena sebegai perusahaan ekspor-impor yang menjalankan usahanya melalui armada container tidak dapat dengan mudah melanjutkan usaha seperti biasanya. Mereka perlu mengganti barang- barang yang biasanya mereka impor/ekspor kedalam bentuk barang yang lainnya dengan cara melihat trend sinyal masing-masing sektor bisnis yang terkena dampak Covid-19 dan mulai melakukan penetrasi pasar disana. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, permintaan barang melalui media online pada bulan-bulan berikutnya setelah Covid-19 merebak dan mengalami peningkatan sebesar 55%. Masyarakat Indonesia mulai merubah perilaku belanja mereka ke belanja online. Sebaliknya, hanya 9% dari masyarakat Indonesia yang tidak merubah perilaku belanja mereka kedalam bentuk belanja online di era Covid-19 ini. Selain itu, dengan pertumbuhan belanja online yang pesat, penggunaan kemitraan berbayar, iklan berbayar, influencer, dll di media sosial juga sangat mempengaruhi perilaku konsumen masyarakat Indonesia. Hal ini secara tidak langsung mampu mengendalikan perilaku impulsif manusia untuk membeli produk yang bahkan tidak mereka butuhkan. Jangankan produk-produk kecil, bahkan produk besar seperti mesin pun juga dikendalikan oleh faktor-faktor tersebut. Namun, hal ini tidak terlihat seperti situasi yang dihadapi CV. Jalu Teknik. Perusahaan ini memang telah memasang iklan di beberapa media sosial, seperti Facebook, tetapi hal ini tidak membuahkan hasil yang diinginkan. Bahkan untuk engagement rate dari iklan tersebut juga tidak terlihat baik portopolio perusahaan. Tugas dari seorang "Trend Analyst" disini adalah untuk mengurangi atau menghentikan logistik inbound/outbound, terlebih lagi di bagian inbound yang mana internship ini dilakukan agar membantu perusahaan untuk tetap bertahan di masa sulit seperti ini. Peran ini cukup penting karena seorang Trend Analyst bisa membantu perusahaan agar tidak terjerumus ke dalam kebangkrutan. Di sisi lain, perusahaan yang hanya mengandalkan bisnis mereka seperti biasanya, tanpa ada adaptasi khusus, tidak akan mampu untuk mempertahankan usaha mereka di paruh pertama pandemi ini. Media Indonesia mengatakan bahwa, hampir 15 juta perusahaan kecil telah di deklarasikan bangkrut dari bagian distributor, grosir, dan juga dropship. Tujuan dari internship ini sebenarnya bukan untuk membangun sebuah iklan yang spesifik untuk menargetkan audience dan membangun kepercayaan dengan influencer, tapi melainkan untuk meningkatkan kemampuan perusahaan agar bisa melihat lebih jauh untuk melihat trend barang apa yang akan sukses kedepannya dengan cara Word of Mouth dan juga Facebook engagement. Trend Analyst disini juga mencoba untuk mendefinisikan kategori produk seperti apa yang dibutuhkan perusahaan untuk dibeli dan juga dijual. Laporan ini berdasarkan internship penulis selama empat bulan sebagai "Trend Analyst" di CV. Jalu Teknik, General Trading Company yang bertempat di Indonesia. Terakhir, misi dari projek ini adalah untuk meletakkan/men-display produk-produk tertentu di pasar secara langsung untuk dinilai, didemonstrasikan, dan diiklankan secara langsung oleh independent fleet agar bisa untuk mendapatkan hasil yang terbaik melewati strategi WoM. Dengan konsiderasi dari berbagai divisi yang dimiliki oleh perusahaan, perusahaan menetapkan bahwa dengan cara mengalihkan/menghilangkan/mengganti Capital Cost yang dimiliki perusahaan, CV. Jalu Teknik mendapatkan hasil yang sangat memuaskan di kuarter ke-empat tahun 2021 ini.
It has been almost two years since the spread of the Covid-19 all over the world. The Indonesian Research and technology Department has found that the freight rate both export and import dropped by 10%-15% sharply. Although this can be considered as a bad weather for the export- import company, the trend of online-shopping acts the opposite. This is quite concerning that as an export-import company that run their business through a fleet can't easily continue their business as usual. They need to alter their goods they usually imported/exported to another one while sharply looking what is the trend signal for each of the business sector that has been affected by the Covid-19 and start to bombard them. According to the Indonesian Statistic Department, there has been a monstrosity of demand in the following months after Covid-19 has spread. An increase of 55% people alters their shopping behavior to online shopping. While in contrast, only 9% of people didn't even bother to go online shopping in the Covid era. Moreover, with the growth of online shopping, the use of paid partnership, paid advertising, influencer, etc. in social media is also influence the consumer behavior by a lot. It can somewhat "control" the impulsiveness of human behavior to buy products that they don't even necessarily need. Don't even bother with small products, even big machinery can also be controlled by those factors. However, it doesn't look like this particular situation in the face of the company. The company does have their advertising up on their social media as Facebook, but it doesn't generate quite a bit of revenue. The engagement rate doesn't look good either. The role of "Trend Analyst" here particularly is to cut down or stop the inbound/outbound logistics, especially in inbound section where the internship takes place on, for a better company survivability in this pandemic era. This role is quite pivotal for the company as they can save the company to go south. On the other hand, the company who just run their business as their usual can't even survive in the first semester of pandemic. Media Indonesia said, almost 15 million small company has been declared to crash given it is a distributor, wholesale, or even drop-ship. The purpose of this internship is rather to not building a specific advertising for targeted audience or building trust with the influencer but rather to enhance the company ability to be able to see further for the next trending goods by judging it from the Word of Mouth and even Facebook engagement. The analyst also tries to define what is the best product category that need to be purchased and sold. The report is also going to be based on the fourth months of internship as a "Trend Analyst" at CV. Jalu Teknik, a General Trading Company based in Indonesia. Lastly, the plan of this project is to try to simply "put" a certain type of a product in the market directly to be judged, demo-ed, and directly advertised by the fleet in order to reap the best of the WoM strategy. With the long-lasting consideration, the company manage to killed/alter/change the capital cost that they are having currently to a different portion and sow a good result by the end of the fourth quarter of 2021.
Kata Kunci : Word of Mouth (WoM), Capital Cost (CC), Standard Moving Average (SMA), Quarter to Date (QtD)