Laporkan Masalah

Desain Penjaminan Manajemen Kualitas Resepsionis Pada Hotel Syariah dengan Menggunakan L Shaped Matrix

AZIZ SETIAWAN, Rika Fatimah P. L. S.T., M.Sc., Ph.D

2022 | Tesis | MAGISTER AGAMA DAN LINTAS BUDAYA

Manajemen kualitas berguna untuk menjaga serta meningkatkan kualitas layanan hotel syariah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi proses manajemen kualitas pada resepsionis hotel syariah. Secara spesifik penelitian ini memfokuskan pada manajemen kualitas, memetakan proses yang terjadi, mengukur hubungan, serta menetukan prioritas manajemen kualitas resepsionis hotel syariah. Metode dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif. Sementara analisis yang digunakan dalam penelitian adalah L-Shaped Matrix. Penelitian menggunkaan 7 variabel manajemen kualitas yang diadopsi dari ISO 9000 dan menghasilkan 18 respon teknis karyawan terhadap proses manajemen kualitas. Adapun prioritas kebutuhan dan tindakan untuk resepsionis hotel ialah kepemimpinan serta diajari dan diberi contoh dalam bekerja.

Quality management is useful for maintaining and improving the quality of sharia hotel services. The purpose of this study is to identify the quality management process at the Islamic hotel receptionist. Specifically, this research focuses on quality management, mapping the processes that occur, measuring relationships, and determining quality management priorities for sharia hotel receptionists. The method in this research is descriptive qualitative. The analysis used in this study is the L-Shaped Matrix. The study used 7 quality management variables adopted from ISO 9000 and resulted in 18 employees' technical responses to the quality management process. The priority needs and actions for hotel receptionists are leadership and being taught and given an example in work.

Kata Kunci : Manajemen Kualitas, Hotel Syariah, L-Shaped Matrix