Laporkan Masalah

PERAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL ONLINE TERHADAP KEPATUHAN PEMBELAJAR PADA KURSUS ONLINE PUBLIC SPEAKING

BIDARI HERWI P, Dr. Arum Febriani, S.Psi, M.A.

2022 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Kepatuhan masih menjadi hal penting untuk dilakukan dalam dunia pendidikan karena berperan untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan individu di masa depan. Namun, permasalahan ketidakpatuhan dalam proses pembelajaran di dunia pendidikan masih sering terjadi, sehingga mengakibatkan proses pembelajaran menjadi terganggu dan dapat menyebabkan ketidaktuntasan penyelesaian studi. Ketidakpatuhan terjadi tidak hanya dalam pendidikan formal, namun juga pada pendidikan nonformal, tak terkecuali pada lembaga kursus online public speaking. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran efikasi diri dan dukungan sosial online terhadap kepatuhan pembelajar kursus online public speaking. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kuantitatif survei non-eksperimen. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 201 pembelajar kursus online public speaking yang berusia diatas 18 tahun dan mempunyai tujuan belajar untuk meningkatkan keterampilan public speaking yang dapat menunjang pendidikan dan/atau pekerjaan. Kepatuhan diukur dengan skala kepatuhan, efikasi diri diukur dengan skala general self-efficacy (GSE), dan dukungan sosial online diukur dengan online social support scale (OSSS). Metode analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri dan dukungan sosial online secara bersama-sama berperan secara signifikan terhadap kepatuhan dengan sumbangan efektif sebesar 11,4%.

Obedience is still an important thing to do in education because it plays a role in achieving individual success and success in the future. However, the problem of disobedience in the learning process in the world of education still often occurs, resulting in the learning process being disrupted and can lead to incomplete completion of the study. Disobedience occurs not only in formal education but also in non-formal education, including online public speaking courses. This research aims to see the role of self-efficacy and online social support on the obedience of online public speaking course learners. This research method was conducted using a non-experimental quantitative survey method. Participants in this study amounted to 201 online public speaking learners over 18 years old and have the learning goals to improve public speaking skills that can support their education and/or occupation. The obedience scale measures obedience, self-efficacy is measured by the general self-efficacy (GSE), and online social support is measured by the online social support scale (OSSS). The data analysis method used is the multiple regression techniques. The test results show that self-efficacy and online social support contributed to learner obedience with an effective contribution of 11,4%.

Kata Kunci : efikasi diri, dukungan sosial online, kepatuhan, kursus online public speaking

  1. S2-2022-448950-abstract.pdf  
  2. S2-2022-448950-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-448950-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-448950-title.pdf