Laporkan Masalah

Peran Kelekatan dengan Orangtua dan Pencarian Sensasi terhadap Ketidakjujuran Akademik pada Pelajar SMA/SMK

NI LUH PUTU UTARI M, Dr. Arum Febriani, S.Psi., M.A.

2022 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Ketidakjujuran akademik yang banyak dilakukan siswa dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor baik eksternal maupun internal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran dari kelekatan orangtua dan pencarian sensasi terhadap ketidakjujuran akademik pada pelajar. Hipotesis dari penelitian ini adalah kelekatan dengan orangtua dan pencarian sensasi secara bersama-sama berperan terhadap perilaku ketidakjujuran akademik yang dilakukan pelajar. Partisipan dalam penelitian ini merupakan pelajar tingkat menengah atas (SMA/SMK) di DIY sebanyak 323 siswa yang berusia 15 sampai 18 tahun. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif non eksperimen, menggunakan skala ketidakjujuran akademik, kelekatan orangtua, dan pencarian sensasi sebagai alat pengumpul data. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan analisis program statistik SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelekatan dengan orangtua dan pencarian sensasi secara bersama-sama berperan terhadap perilaku ketidakjujuran akademik yang dilakukan pelajar. Namun, analisis secara terpisah menunjukkan bahwa kelekatan dengan orangtua berperan terhadap ketidakjujuran akademik secara signifikan, sedangkan pencarian sensasi tidak berperan secara signifikan terhadap ketidakjujuran akademik.

Academic dishonesty that many students do can be influenced by both external and internal factors. This study aims to examine the role of parental attachment and sensation-seeking in students' academic dishonesty. The hypothesis of this study is that parental attachment and sensation-seeking together in students' academic dishonesty behavior. Participants in this study were senior high school students (SMA/SMK) in DIY totaling 323 students with age range of 15 to 18 years. The research was conducted with non-experimental quantitative methods, using a scale of academic dishonesty, parental attachment, and sensation-seeking as data collection tools. The analysis used is multiple regression analysis with SPSS statistical program analysis. The result showed that parental attachment and sensation-seeking together in students' academic dishonesty behaviour. However, separate analysis showed that parental attachment contributed significantly to academic dishonesty, whereas sensation-seeking did not significantly contribute to academic dishonesty.

Kata Kunci : kelekatan orangtua, ketidakjujuran akademik, pencarian sensasi.

  1. S2-2022-448995-abstract.pdf  
  2. S2-2022-448995-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-448995-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-448995-title.pdf