Laporkan Masalah

RANCANGAN PENERAPAN SUSTAINABILITY BALANCED SCORECARD BERDASARKAN PRINSIP STRATEGY FOCUSED ORGANIZATION DALAM PENGEMBANGAN STRATEGI PT TAMBI

ALFI NUR AZMI, Nofie Iman Vidya Kemal, S.E., M.Sc., Ph.D.

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Hubungan khusus antara BSC dan keberlanjutan telah diakui oleh penelitian yang menegaskan bahwa penerapan BSC di antara 100 perusahaan teratas di Australia adalah perusahaan yang kemungkinan besar memasukan ukuran dan target keberlanjutan dalam sistem pengukuran kinerja mereka (Elijido-Ten, 2011). Kaplan & Norton telah menempatkan indikator lingkungan dan sosial sebagian bagian dari perusahaan BSC terkait dengan perspektif proses internal (Kaplan & Norton, 2001). Meskipun ada banyak kasus yang berhasil menerapkan strategi sosial dan lingkungan melalui BSC, penulis Epstein dan Wisner (2001) memperingatkan bahwa perspektif scorecard yang berisi ukuran dapat bervariasi dari perusahaan ke perusahaan, tergantung pada pendorong keberhasilan dan seberapa kritis lingkungan sosial dan lingkungan terhadap perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kemungkinan penerapan sistem perencanaan dan penilaian kinerja yang tepat digunakan oleh PT TAMBI untuk dapat mempertahankan eksistensi dengan model terintegrasi. Perencanaan strategik yang komprehensif, koheren, terukur, dan berimbang, serta membuat penilaian kinerja lebih objektif dengan menggunakan rangka Sustainability Balanced Scorecard (SBSC) diharapkan dapat membantu manajemen dalam mewujudkan misi dan visi nya. Terciptanya visi, misi, dan program strategik yang komprehensif pada PT TAMBI dapat digambarkan melalui peta strategi SBSC yang dapat membantu organisasi dalam menentukan dan memutuskan keputusan strategis yang akan diambil. Manajemen perusahaan dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan jangka pendek tanpa mengesampingkan tujuan jangka panjang.

The special relationship between the BSC and sustainability has been recognized by research which states that the adoption of the BSC among the top 100 companies in Australia is the companies that are most likely to include measures and targets in their performance measurement system (Elijido-Ten, 2011). Kaplan & Norton have placed the environmental and social aspects of a company's BSC in terms of an internal process perspective (Kaplan & Norton, 2001). While there are many successful cases of implementing social and environmental strategies through the BSC, authors Epstein and Wisner (2001) point out that the perspective of a scorecard containing measures may vary from company to company, depending on the drivers of success and how much social and environmental environments affect the company. The purpose of this research is to enable the implementation of a proper planning and performance appraisal system used by PT TAMBI to maintain its existence with an integrated model. Comprehensive, coherent, integrated, and balanced strategic planning, as well as making performance more objective by using the Sustainability Balanced Scorecard (SBSC) is expected to assist management in realizing its mission and vision. The vision, mission, and comprehensive strategic program at PT TAMBI can be described through the SBSC strategy map that can assist the organization in determining and deciding the strategy to be taken. Company management can work effectively and efficiently in short-term goals without long-term.

Kata Kunci : Sustainability, Balanced Scorecard

  1. S2-2021-436744-abstract.pdf  
  2. S2-2021-436744-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-436744-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-436744-title.pdf