Laporkan Masalah

Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Wisata Terhadap Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan dalam Kegiatan Berkuda di Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Muhammad Yasin Syihabuddin, Prof. Ir. Budi Guntoro, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPU. ASEAN Eng.;Dr. Siti Andarwati, Ir., S.Pt., MP., IPM. ASEAN Eng.

2022 | Skripsi | S1 ILMU DAN INDUSTRI PETERNAKAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jasa wisata tehadap tingkat kepuasan dan loyalitas wisatawan dalam kegiatan berkuda di Wisata Gunung Bromo Jawa Timur. Data penelitian ini dikumpulkan dari 40 responden wisatawan yang menggunakan layanan jasa wisata berkuda. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode convenience sampling method. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, dan pengujian hipotesis yang meliputi uji t dan koefisien determinasi (R2). Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan positif (P<0,05) terhadap kepuasan wisatawan berkuda dengan R2= 0,123, yang berarti bahwa 12,3% variabel kepuasan wisatawan dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan sedangkan 87,7% dipegaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini. Kedua, variabel kepuasan wisatawan berpengaruh signifikan positif (P<0,05) terhadap loyalitas wisatawan, dengan R2= 0,119, yang berarti bahwa pengaruh kepuasan wisatawan tehadap loyalitas wisatawan sebesar 11,9%, sedangkan 88,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini.

This study aims to determine the effect of the quality of tourism services on tourist satisfaction in equestrian activities at Mount Bromo, East Java. This research data was collected from 40 respondents of tourists who use equestrian tourism services. Sampling in this study used a non-probability sampling technique and used a convenience sampling method. The analysis used in this research includes validity test, reliability test, simple linear regression analysis, and hypothesis testing which includes t-test and coefficient of determination (R2). The results showed that the service quality had a significant positive effect (P<0.05) on tourist satisfaction with R2= 0.123, meaning that 12.3% of the tourist satisfaction variable was influenced by the service quality variable, while 87.7% was influenced by other variables not included in this research model. Also, the tourist satisfaction variable had a significant positive effect (P<0.05) towards tourist loyalty, with R2= 0.119, meaning that the effect of tourist satisfaction on tourist loyalty was 11,9%, while 88.1% was affected by other variables which were not included in this research model.

Kata Kunci : kepuasan wisatawan, kualitas pelayanan, loyalitas wisatawan.