Laporkan Masalah

Orientasi Tujuan Penguasaan sebagai Mediator Peran Efikasi Diri Akademik terhadap Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi

ALFI RAHMADINI, Dr. Yuli Fajar Susetyo, M.Psi., Psikolog

2022 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Dalam proses penulisan skripsi, mahasiswa memiliki beberapa permasalahan terkait dengan regulasi dalam belajar seperti motivasi, kontrol diri, dan manajemen waktu. Regulasi diri dalam belajar ini dapat dipengaruhi oleh efikasi diri akademik dan orientasi tujuan penguasaan mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji peran orientasi tujuan penguasaan sebagai mediator peran efikasi diri akademik dan regulasi diri mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Partisipan adalah 160 mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Gadjah Mada. Penelitian menggunakan metode survei dengan menggunakan skala regulasi diri dalam belajar, skala efikasi diri akademik, dan skala orientasi tujuan penguasaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi mediasi yang menghasilkan koefisien efek tidak langsung sebesar b=0,593 dengan bootLLCI=0,372 dan BootULCI=0,864. Hasil penelitian menyatakan bahwa orientasi tujuan penguasaan memediasi peran efikasi diri akademik dan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.

During the thesis-writing a thesis, students have several problems related to their self-regulation such as motivation in writing, self-control, and time management. Self regulated learning in students who are working on thesis can be influenced by the learning goal orientation and academic self-efficacy. This study aims to examine the role of learning goal orientation in mediating academic self efficacy on self regulated learning. Participants are 160 undergraduate students who work on thesis at Gadjah Mada University. This reseach method is a quantitative survey and measured by self regulated learning scale, academic self efficacy scale, and learning goal orientation scale. Data analysis used mediation regression analysis and the result showed that coefficient of indirect effect are b=0,593 with bootLLCI=0,372 and BootULCI=0,864. The conclusion of the study states that learning goal orientation is a mediator between academic self efficacy and self regulated learning on undergraduate student who working on thesis.

Kata Kunci : Efikasi diri akademik, mahasiswa, skripsi, orientasi tujuan penguasaan, regulasi diri dalam belajar

  1. S2-2022-434030-abstract.pdf  
  2. S2-2022-434030-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-434030-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-434030-title.pdf