Laporkan Masalah

Pengaruh Regulasi Diri dalam Belajar dan Perbandingan Sosial terhadap Motivasi Mengerjakan Skripsi

PRAMESTI AMALIA C, Yuli Fajar Susetyo, Dr., S.Psi., M.Si., Psikolog

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Keberadaan motivasi sangat diperlukan oleh mahasiswa agar dapat menyelesaikan skripsi sebelum berakhirnya masa studi. Akan tetapi, munculnya motivasi pada mahasiswa seringkali terkendala sehingga pengerjaan skripsi pun terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan sosial dan regulasi diri dalam belajar terhadap motivasi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Berdasarkan penelitian terdahulu, perbandingan sosial dan regulasi diri dalam belajar memiliki pengaruh positif terhadap motivasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala motivasi belajar, skala regulasi diri dalam belajar, serta skala perbandingan sosial. Partisipan berjumlah 146 orang mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah skripsi. Analisis regresi berganda yang dilakukan menunjukkan bahwa regulasi diri dalam belajar memberikan pengaruh positif terhadap motivasi mengerjakan skripsi sedangkan perbandingan sosial memberikan pengaruh negatif.

Motivation is much-needed for students to complete their thesis before the study period ends. However, the emergence of motivation is often constrained and makes the process of completing a thesis delayed. This study aims to determine the effect of social comparison and self-regulated learning on student�s motivation to do a thesis. Based on previous research, social comparison and self-regulated learning have a positive influence on motivation. This research used the scale of learning motivation, the scale of self-regulated learning, and the scale of social comparison. Followed by 146 college students who were taking thesis courses. The results show that self-regulated learning has a positive influence on motivation, while social comparison has a negative effect.

Kata Kunci : motivasi, perbandingan sosial, regulasi diri dalam belajar, tugas akhir

  1. S1-2022-394413-abstract.pdf  
  2. S1-2022-394413-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-394413-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-394413-title.pdf