Laporkan Masalah

PENGARUH KEPEMIMPINAN KESELAMATAN PADA PERILAKU KESELAMATAN DENGAN IKLIM KESELAMATAN PERSEPSIAN DAN PEMULIHAN KEYAKINAN SEBAGAI PEMEDIASI STUDI PADA KARYAWAN HOTEL DI YOGYAKARTA

LIDYA CRISTIN S, Gugup Kismono, MBA., Ph.D.

2022 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari kepemimpinan keselamatan pada perilaku keselamatan dengan iklim keselamatan persepsian dan pemulihan keyakinan sebagai pemediasi. Penelitian ini dilakukan di industri perhotelan dengan sampel karyawan hotel bintang di wilayah Yogyakarta dan responden sebanyak 154 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara daring dan kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kepemimpinan keselamatan berpengaruh positif dan signifikan pada perilaku keselamatan karyawan perhotelan Yogyakarta. Hasil penelitian juga menemukan bahwa iklim keselamatan persepsian dan pemulihan keyakinan tidak memiliki efek mediasi pada pengaruh kepemimpinan keselamatan terhadap perilaku keselamatan. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi mengenai perilaku keselamatan karyawan di industri perhotelan.

This study aims to examine and analyze the effect of safety leadership on safety behavior with perceived safety climate and belief restoration as mediators. This research was conducted in the hotel industry with a sample of star hotel employees in the Yogyakarta area with 154 samples. This study is a quantitative study with data collection through questionnaires distributed online and then processed using the SPSS version 26 application. The results of this study found that safety leadership has a positive and significant effect on safety behavior of Yogyakarta hotel employees. The results also found that perceived safety climate and belief restoration had no mediating effect on the influence of safety leadership on safety behavior. This research can be used as a reference regarding the safety behavior of employees in the hotel industry.

Kata Kunci : kepemimpinan keselamatan, perilaku keselamatan, iklim keselamatan persepsian, pemulihan keyakinan.

  1. S2-2022-465071-abstract.pdf  
  2. S2-2022-465071-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-465071-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-465071-title.pdf