PERCEPTION OF MEDICAL STUDENTS REGARDING THE USE OF RECORDED LECTURES FOR LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC
BERTHA, Prof. dr. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, Ph.D; Rilani Riskiyana, SKep.Ns, MMedEd.
2022 | Skripsi | S1 KEDOKTERANLatar belakang: Kuliah offline selalu menjadi metode utama dalam proses pendidikan kedokteran. Dalam kuliah offline, baik dosen maupun mahasiswa dituntut berada dalam ruang yang sama dalam waktu yang bersamaan. Saat ini, universitas sudah memulai merekam kuliah dan menyediakannya secara online untuk para mahasiswa. Belum ada penelitian yang cukup mengenai persepsi mahasiswa terhadap rekaman kuliah, termasuk kapan rekaman itu digunakan, apakah setiap rekaman benar-benar digunakan atau tidak, dan banyak pertanyaan lainnya. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji perspektif mahasiswa tentang penggunaan rekaman kuliah dalam pendidikan kedokteran selama pandemi COVID-19, khususnya pada aspek-aspek seperti waktu yang dihabiskan untuk penggunaan rekaman kuliah dan pemahaman, serta menyarankan usulan yang dapat diimplementasikan, jika ada. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-analitik cross sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner online. Data disajikan dalam grafik dan dianalisis secara deskriptif, termasuk penilaian persepsi responden tentang penggunaan, dan usulan untuk peningkatan kualitas rekaman kuliah. Hasil: Mahasiswa menganggap rekaman kuliah bermanfaat, karena merupakan cara yang lebih mudah untuk mempelajari materi kuliah, dan telah membantu mereka dalam menguasai topik terkait. Rekaman kuliah kebanyakan digunakan saat ujian sudah dekat, dan kebanyakan digunakan rata-rata sekali atau dua kali setiap minggu. Rekaman kuliah banyak digunakan untuk mencatat poin-poin penting dan diulang pada bagian-bagian tertentu yang sulit untuk dipahami. Mahasiswa puas dengan fleksibilitas yang ditawarkan rekaman kuliah serta kesempatan untuk meningkatkan pemahaman. Mahasiswa merasa kurangnya interaksi dan masalah teknis menyebabkan mereka tidak menggunakan rekaman kuliah sesering metode belajar lainnya. Mahasiswa lebih memilih menggunakan HSC atau slide dosen karena HSC memberikan informasi yang lebih lengkap dengan bahasa yang lebih mudah dipahami, sedangkan slide dosen berisi informasi yang relevan dan sesuai dengan pertanyaan dosen dalam ujian. Mahasiswa telah menyarankan jadwal mengunggah rekaman yang lebih teratur dan lebih cepat, serta untuk meningkatkan kualitas visual dan audio, dan untuk menyediakan sistem interaktif di mana siswa dapat mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban. Kesimpulan: Rekaman kuliah umumnya dipandang dengan baik, dan ini dibuktikan dengan tingginya tingkat penggunaan, dan antusiasme responden dalam memberikan saran-saran untuk lebih meningkatkan kualitasnya.
Background: Offline lectures have always been the major method in the process of medical education. In these lectures, both lecturers and students are required to be in the same space at the same time. Universities are increasingly recording lectures and making them available online for students. There is not enough research on the behavior in which students make use of the provided lecture recordings, including when they are used, whether or not each recording is completely used, amongst many other queries. Purpose: The purpose of this study is to examine the perspective of students regarding the use of recorded lectures in medical education during the COVID-19 pandemic, specifically on aspects such as time spent on usage of recorded lectures and understanding, as well as to suggest improvements that can be made to these lecture recordings, if any, moving forward. Method: This study is a cross sectional descriptive-analytic study. The data was collected through an online questionnaire. Data is presented in graphs and was analyzed descriptively, including an assessment of their perception regarding the usage, and methods of improvement of lecture recordings. Result: Students consider lecture recordings useful, as they are an easier way to cover lecture material, and have helped them in mastering topics. Lecture recordings are mostly used when examinations are close, and are used mostly on average of once or twice every week. Lecture recordings are mostly used while taking notes, and are used to repeat specific parts that are not understood. Students are satisfied with the flexibility lecture recordings offer as well as the opportunity to increase understanding. Students feel that the lack of interaction and technical issues contribute to them not using lecture recordings as often as they use other studying methods. Students prefer using the HSC or lecturer slides as the former provides more complete information with a more understandable language, while the latter contains relevant information according to lecturers' questions in examinations. Students have suggested a more regular and faster upload schedule, as well as to increase its quality, and to provide an interactive system where students can ask questions and receive answers. Conclusion: Lecture recordings are generally viewed favorably, and this is proven by its high rate of usage, and enthusiasm of respondents in providing suggestions as to how to further improve their quality.
Kata Kunci : Kata kunci: rekaman kuliah, pembelajaran online, situasi pandemi, mahasiswa kedokteran, pendidikan kedokteran / Keywords: recorded lecture, online learning, pandemic situation, medical student, medical education