Laporkan Masalah

PROPORSI DAN DISTRIBUSI PERLUKAAN YANG MENYEBABKAN KEMATIAN PADA KECELAKAAN SEPEDA MOTOR DI INSTALASI KEDOKTERAN FORENSIK RSUP DR SARDJITO YOGYAKARTA TAHUN 2018-2020.

RATNA PUSPITASARI, dr. Wikan Basworo, Sp.F ; Fitrina Mahardani Kusumaningrum, S.K.M.,M.P.H

2022 | Skripsi | S1 KEDOKTERAN

Latar Belakang :Korban meninggal dunia akibat kecelakaan sepeda motor di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berdasarkan Data Direktoral Lalu lintas Polda DIY pada 2016 hingga 2018 tercatat 1.278 korban. Di RSUP Dr.Sardjito pada periode Tahun 2011 sampai dengan 2012, tercatat 88 korban kecelakan, dengan proporsi paling Ban- yak sebagai pengemudi sebanyak 76 (86,36%).sedangkan Kefatalan kematian paling banyak disebabkan karena trauma kepala dan leher yaitu sebahyak 84,09%. Sampai saat ini, jumlah kasus kecelakaan yang ditangani di RSUP Dr. Sardjito semakin meningkat tiap tahun, selain itu korban kecelakaan lalu lintas khususnya sepeda motor memiliki jenis perlukaan yang berbeda-beda. Penelitian ini penting dilakukan untuk mencari proporsi perlukaan dan epidemiologi pada kecelakaan sepeda motor . Tujuan Penelitian :Untuk mengetahui Proporsi Kefatalan Kematian pada kecelakaan Sepeda motor di Instalasi Kedokteran Forensik RSUP Sardjito Yogyakarta Tahun 2018-2020. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif observa- sional dengan subjek data visum et repertum korban meninggal akibat kecelakaan sepeda motor yang diperiksa di Instalasi Kedokteran Forensik RSUP Dr. Sardjito peri- ode Tahun 2018-2020. Data dipilih menjadi beberapa kelompok yaitu: Usia, Jenis ke- lamin, Waktu Kecelakaan, Jenis Kecelakaan, Kefatalan Kecelakaan, dan Penyebab kematian. Kemudian dilakukan analisis untuk mengetahui proporsi penyebab ke- matian. Data ditampilkan dengan menggunakan tabel dan bar chart. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian didapatkan, Korban meninggal paling banyak berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 33 (62,3%) dengan usia korban terbanyak adalah rentan usia 16-25 tahun, dengan posisi pengemudi adalah Korban meninggal yang terbanyak sebanyak 47 (88,7%), Korban yang meninggal dunia paling banyak mengalami kecelakaan non-tunggal yaitu sebanyak 36 (67,9%). Faktor yang paling mempengaruhi terhadap kejadian kecelakaan sepeda motor adalah faktor manusia, yaitu sebanyak 45 (84,9%). Dan Kefatalan kematian paling sering pada kecelakaan sepeda motor adalah cedera kepala sebanyak 33 (62,3%), dengan rentan waktu ke- jadian kecelakaan paling sering terjadi pada pukul 00,01-06.00 sebanyak 25 (47,1%). Kesimpulan: Penyebab kecelakaan sepeda motor paling banyak adalah karena Faktor manusia dan Kefatalan kematian paling sering adalah cedera pada bagian kepala. Oleh karena itu, dapat dibuatkan suatu regulasi baru atau memperbarui regu- lasi yang sudah ada seperti Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 agar pengendara sepeda motor lebih tertib dan taat pada rambu-rambu lalu lintas pada saat berkendara. Kata Kunci : Kecelakaan, Kecelakaan Sepeda Motor, Kefatalan

Background:The victim who died from a motorcycle accident in the Special Region of Yog- yakarta (DIY) based on Data from the Yogyakarta Regional Police's Traffic Directorate from 2018 to 2020 recorded 1,278 victims. In Dr.Sardjito General Hospital in the period 2011 to 2012, 88 accident victims were recorded, with the most proportion as drivers as many as 76 (86.36%). While the cause of death was mostly due to head and neck trauma, namely 84.09%. . Until now, the number of accident cases handled at Dr. Sardjito General Hospital is increas- ing every year, besides, victims of traffic accidents, especially motorbikes, have different types of injuries. This research is important to do to find the proportion of injury and epidemiology in motorcycle accidents. Research purposes:To find out the proportion of the causes of death in motorbike ac- cidents at the Forensic Medicine Installation of Sardjito Hospital, Yogyakarta, 2018- 2020. Research Methods:This study used a descriptive observational research method with the data subject for post mortem and repertum of victims who died from a motorcycle accident who were examined at the Forensic Medicine Installation of Dr. Sardjito General Hospital for the period 2018-2020. The data were selected into several groups, namely: age, gender, time of accident, type of accident, cause of accident, and cause of death. Then an analysis is carried out to determine the proportion of causes of death. Data is displayed using tables and pie charts. Results: Based on the results of the study, it was found that (1) the most number of victims who died was male, namely as many as 33 (62.3%) with the highest age of victims being 16-25 years old, with the position of the driver being 47 (88.7%), the most victims who died experienced multiple accidents, namely as many as 36 (67.9%). The factor that most influences the incidence of motorcycle accidents is the human factor, which is as much as 45 (84.9%). And the most frequent cause of death in motorcycle accidents was head injuries as much as 33 (62.3%), with the most fre- quent accident occurring at 00.01-06.00 as much as 25 (47.1%). Conclusion: The cause of motorcycle accidents at most is due to human factors and the cause of death most often is an injury to the head. Therefore, it is important to conduct socialization on how to ride properly so that motorcyclists are more orderly and obey traffic signs while driving. Keywords: Accidents,Motorcycle Accidents, Causes of Death.

Kata Kunci : Kata Kunci : Kecelakaan, Kecelakaan Sepeda Motor, Kefatalan Kematian.

  1. S1-2022-397982-abstract.pdf  
  2. S1-2022-397982-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-397982-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-397982-title.pdf