Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru yang Merantau Ditinjau dari Kelekatan dengan Orangtua
Salsa Aulia, Aisah Indati, Dr., Dra., M.S., Psikolog
2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIMenjadi mahasiswa baru yang merantau merupakan masa transisi yang tidak mudah dilalui. Penyesuaian diri yang baik diperlukan agar keseimbangan dan kepuasan selama berkuliah dapat tercapai. Oleh karena itu, kelekatan dengan orangtua dijadikan sebagai pondasi yang memfasilitasi mahasiswa merasakan rasa aman dalam membersamai pemenuhan kebutuhan psikologis dan mengurangi tekanan yang muncul selama proses penyesuaian diri. Penelitian bertujuan untuk menguji peran kelekatan dengan orangtua terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru yang merantau dengan partisipan berjumlah 208 mahasiswa. Parental Attachment Questionnaire (PAQ) dan Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) digunakan sebagai alat ukur. Analisis berupa regresi linier sederhana menunjukkan hasil bahwa kelekatan dengan orangtua memiliki peran positif terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru yang merantau (F=9,281, R=0,208, p<0,05), dengan sumbangan efektif sebesar 4,3% (R²=0.043). Analisis tambahan menemukan adanya perbedaan penyesuaian diri secara signifikan menurut jenis kelamin dengan rata-rata skor mahasiswa laki-laki lebih tinggi.
Being a college student who has to relocate from home and separate from their parents is a transitional period that is difficult to go through during the first year. Good quality of adjustment is needed then balance and satisfaction during college can be achieved. Therefore, parental attachment can be a positive foundation that facilitates them to fulfill their psychological needs and reducing pressures during the adjustment process. This study aims to determine the role of parental attachment on the adjustment of first-year college students that leaving home. The Attachment Questionnaire (PAQ) and Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) were used in this study. Data obtained from 208 freshmen were analyzed using simple linear regression. The result showed that parental attachment contributed to the adjustment of college students (F=9.281, R=0.208, p<0.05) with a contribution of 4.3% (R²=0.043). Additional analysis based on gender found a significant difference.
Kata Kunci : kelekatan dengan orangtua, mahasiswa baru yang merantau, penyesuaian diri mahasiswa