Laporkan Masalah

The Effect of Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use of E-Commerce Platform on Online Shopping Anxiety

NADYA FAHAYYINDINA, Sumaryono, Dr., M.Si., Psikolog

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Persepsi manfaat dan dan persepsi kemudahan penggunaan telah menjadi topik diskusi oleh banyak peneliti selama bertahun-tahun, terutama dalam konteks penerimaan teknologi. Namun, terlepas dari banyaknya penelitian tentang persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan, dan pengetahuan yang telah dikembangkan tentang hubungan antara persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap kecemasan bagi pengguna, belum ada penelitian khusus yang mengeksplorasi hubungan antara persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan dan kecemasan online shopping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan pada platform e-commerce dengan kecemasan online shopping pada pengguna e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei untuk mengumpulkan data. Hal ini dilakukan melalui penggunaan 3 instrumen, yaitu skala persepsi manfaat, skala persepsi kemudahan penggunaan, dan skala kecemasan online shopping. Target partisipan dalam penelitian ini adalah masyarakat berusia 18 hingga 35 tahun yang memiliki pengalaman menggunakan Tokopedia untuk melakukan transaksi online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi manfaat dengan kecemasan online shopping, sedangkan terdapat hubungan negatif antara persepsi kemudahan penggunaan dengan kecemasan online shopping.

Perceived usefulness and ease of use have been a topic of discussion by many researchers throughout the years, especially regarding technology acceptance. However, despite the large pool of studies regarding perceived usefulness and ease of use, and the established knowledge of the relationship between the ease of use of technology and anxiety among users, there has yet to be specific research that explores the relationship between perceived usefulness and ease of use and online shopping anxiety. The purpose of this study is to examine the relationship between perceived usefulness and perceived ease of use on the e-commerce platform and online shopping anxiety in e-commerce users. This study uses a survey method of research in order to collect the data. It is done through the use of 3 instruments, namely the perceived usefulness scale, the perceived ease of use scale, and the online shopping anxiety scale. The target participants for this research are people aged 18 to 35 who have experience in using Tokopedia to do an online transaction. The results show that there is a positive correlation between perceived usefulness and online shopping anxiety, while there is a negative correlation between perceived ease of use and online shopping anxiety.

Kata Kunci : perceived usefulness, perceived ease of use, online shopping anxiety

  1. S1-2022-425551-abstract.pdf  
  2. S1-2022-425551-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-425551-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-425551-title.pdf