Laporkan Masalah

The Influence of e-KTP Service Quality on Community Satisfaction at the Population and Civil Registration Office of Sleman Regency

DANDY INDERAWAN M, I Made Krisnajaya, S.I.P, M. Pol. Admin

2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan e-KTP yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sleman terhadap kepuasan masyarakat. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah melakukan pelayanan e-KTP oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data purposive sampling. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden dengan menyebarkan kuesioner pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sleman dan melakukan wawancara dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sleman. Data sekunder dalam penelitian ini adalah buku, jurnal, artikel, dan penelitian terdahulu yang mendukung penelitian ini. Secara keseluruhan kualitas pelayanan e-KTP oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Kabupaten Sleman.

This study aims to determine the effect of the quality of e-KTP services organized by the Department of Population and Civil Registration of Sleman Regency on community satisfaction. The population in this study were people who had performed e-KTP services by the Department of Population and Civil Registration of Sleman Regency. The sample in this study amounted to 100 respondents. This study uses a mixed research method, namely quantitative and qualitative research with purposive sampling data collection techniques. The source of this research data is the primary data source obtained from distributing questionnaires directly to respondents by distributing questionnaires at the Population and Civil Registration Office of Sleman Regency and conducting interviews with the Sleman Regency Population and Civil Registration Office. The secondary data in this study are books, journals, articles, and previous studies that support this research. Overall, the quality of e-KTP services by the Department of Population and Civil Registration has a significant effect on community satisfaction in Sleman Regency.

Kata Kunci : Service Quality, Community Satisfaction, e-KTP, Department of Population and Civil Registration

  1. S1-2021-415924-abstract.pdf  
  2. S1-2021-415924-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-415924-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-415924-title.pdf