Laporkan Masalah

Implementasi Pendidikan Inklusi di SD Al Firdaus Surakarta

ROSARIA WINIKE PHASA, Drs. Hadriyanus Suharyanto, M.Si.

2022 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan, tanpa terkecuali bagi anak berkebutuhan khusus. Pendidikan inklusi merupakan layanan pendidikan yang dapat menjadi alternatif bagi anak berkebutuhan khusus untuk mengakses pendidikan. SD Al Firdaus Surakarta merupakan salah satu sekolah yang menawarkan layanan pendidikan inklusi. Sistem pendidikan inklusi di SD Al Firdaus Surakarta dinilai berkualitas hingga meraih berbagai penghargaan karena menerima siswa dengen berbagai kebutuhan tanpa seleksi akademis dan mengakomodir semua kebutuhan siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus di SD Al Firdaus Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yang dilakukan dengan observasi, desk study dan wawancara dengan kepala sekolah dan 2 pedagog SD Al Firdaus Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis model interaktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan SD Al Firdaus Surakarta sudah dapat dikategorikan ideal dan sesuai dengan pedoman penyelenggaraan pendidikan inklusi.SD Al Firdaus mampu menyelenggarakan pendidikan inklusi secara mandiri dan hampir semua indikator diimplementasikan dengan baik. Akan tetapi, komponen sumber daya manusia dan sarana prasarana masih membutuhkan evaluasi dan pengembangan agar optimal dan bisa menjangkau seluruh kebutuhan siswa terutama yang berkebutuhan khusus.

Every citizen has the same right to an education, without exception for children with special needs. Inclusion education is an educational service that can be an alternative for children with special needs to access education. SD Al Firdaus Surakarta is one of the schools that offers inclusion education services. The inclusion education system at SD Al Firdaus Surakarta is considered qualified to receive various awards for accepting students with various needs without academic selection and accommodating all student needs. This research aims to find out the implementation of inclusion education for children with special needs at SD Al Firdaus Surakarta. The method used in this study is descriptive qualitative method, which is done by observation, desk study and interview with the principal and 2 pedagog of SD Al Firdaus Surakarta. The data analysis technique used is interactive model analysis technique. The results showed that the implementation of education of SD Al Firdaus Surakarta can be categorized as ideal and in accordance with the guidelines for the implementation of inclusion education. SD Al Firdaus is able to conduct inclusion education independently and almost all indicators are well implemented. However, the components of human resources and infrastructure still require evaluation and development in order to be optimal and can reach all the needs of students, especially those with special needs.

Kata Kunci : implementasi, pendidikan inklusi, anak berkebutuhan khusus

  1. S1-2022-364841-abstract.pdf  
  2. S1-2022-364841-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-364841-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-364841-title.pdf