PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI PT KAI DAOP 6 YOGYAKARTA SEBAGAI BENTUK KEPEDULIAN SOSIAL
RAFLI HERLIANSYAH, Nabilla Kusuma Vardhani, S.I.P., M.A.
2022 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISCorporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk komitmen perusahaan kepada masyarakat, yang dilakukan untuk mendukung arah perusahaan dalam menjaga hubungan dan kepentingan material. Penelitian ini mendiskusikan tentang PT KAI Daop 6 Yogyakarta sebagai bagian dari BUMN penyedia layanan perkeretaapian serta mengkaji pelaksanaan program CSR yang diselenggarakan oleh PT. KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta tahun 2019. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan studi lapangan dan studi kepustakaan. Studi lapangan berwujud pengamatan kegiatan CSR dan wawancara terhadap beberapa anggota divisi Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 6 Yogyakarta. Kemudian, dengan menggunakan studi kepustakaan, penulis mendapatkan informasi dari buku, artikel, jurnal online dan website resmi PT KAI. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan pendekatan studi kasus. Penyajian data, oleh penulis disajikan dengan menjelaskan temuan secara deskriptif disertai dengan gambar dan tabel. Kesimpulannya, PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta menerapkan program CSR yang pelaksananya adalah tim internal PT KAI yang terdiri dari unit Keuangan, unit Sumber Daya Manusia (SDM), unit Kesehatan, unit Keamanan, dan unit Humas. Jenis program CSR yang diterapkan meliputi program kemitraan, program pengembangan masyarakat dan hubungan masyarakat. Selain itu, program-program tersebut bersifat responsif, terutama dalam merespon kebutuhan masyarakat dan lingkungan sekitar perusahaan. Secara umum, alur pelaksanaan program-program CSR di PT. KAI bermula dari proposal atau laporan dari masyarakat, kemudian tim CSR menentukan kelayakan kandidat penerima bantuan atau mitra binaan, dan diakhiri dengan pendistribusian dana program CSR. Evaluasi kegiatan CSR dilaksanakan oleh Komite TJSL/Tim CSR. Kegiatan yang dilakukan yaitu monitoring ke lapangan, membuat survey dan melakukan koordinasi dengan instansi daerah setempat. Hasil evaluasi dilaporkan ke Kantor Pusat PT KAI
Corporate Social Responsibility (CSR) is a form of a company's commitment to the community, which is carried out to support the company's direction in maintaining material relationships and interests. This study discusses PT KAI Daop 6 Yogyakarta as part of a state- owned railway service provider and examines the implementation of the CSR program organized by PT. KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta in 2019. In collecting data, the author uses field studies and literature studies. Field studies in the form of observations of CSR activities and interviews with several members of the Public Relations division of PT KAI Daop 6 Yogyakarta. Then, by using a literature study, the authors get information from books, articles, online journals, and the official website of PT KAI. In analyzing the data, the author uses a case study approach. The presentation of data, by the author, is presented by explaining the findings descriptively accompanied by pictures and tables. In conclusion, PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta implements a CSR program whose implementers are PT KAI's CSR internal team consisting of the Finance unit, Human Resources (HR) unit, Health unit, Security unit, and Public Relations unit. The types of CSR programs implemented include partnership programs, community development programs, and community relations. In addition, these programs are responsive, especially in responding to the needs of the community and the environment around the company. In general, the flow of the implementation of CSR programs at PT. KAI begins with a proposal or report from the community, then the CSR team determines the eligibility of the candidate for assistance or fostered partners, and ends with the distribution of CSR program funds or partner agreements. Evaluation of CSR activities is carried out by the TJSL Committee/CSR Team. The activities carried out are field monitoring, making surveys and coordinating with local regional agencies. The results of the evaluation are then reported to the PT KAI Head Office.
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, CSR, activities, programs