Laporkan Masalah

Gambaran Kepemimpinan Diri Mahasiswa Keperawatan Tahap Akademik dan Profesi di Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedkteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatn Universitas Gadjah mada yang Menjalani pembelajaran Online

MUHAMMAD FAHMI REZA, Totok Harjanto, S.Kep., Ns., M.Kes.; Ariani Arista P P, S.Kep., Ns., MAN., DNP

2022 | Skripsi | S1 ILMU KEPERAWATAN

Latar Belakang: Pembelajaran Online menjadi metode yang digunakan di masa pandemi Covid-19. Pembelajaran online menjadi metode bagi siswa dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan. Keterampilan kepemimpinan diri memiliki potensi yang lebih tinggi untuk mengendalikan diri individu, mengelola perilaku, mengurangi stres dan mengatasi stres. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui gambaran kepemimpinan diri mahasiswa tahap akademik dan profesi di Program Studi Ilmu Keperawatan FK-KMK UGM yang menjalani pembelajaran online. Metode: Penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan rancangan penelitian cross-sectional. Sampel berisi mahasiswa Keperawatan tahap akademik dan Profesi di PSIK UGM berjumlah 244 orang. Penelitian menggunakan kuesioner The Revised Self Leadership Questionnaire (RSLQ). Hasil skor S-CVI yaitu 0,9905 yang mana lebih dari 0,90. Nilai Cronbach's Alpha untuk uji reliabilitas instrumen RSLQ sebesar 0,890 yang mana lebih dari 0,70. Hasil: Nilai rata-rata kepemimpinan diri mahasiswa PSIK FK-KMK UGM yang sedang menjalani pembelajaran online sebesar 3.75 untuk mahasiswa akademik dan 3.64 untuk mahasiswa profesi. Nilai rata-rata kepemimpinan diri mahasiswa berdasarkan dimensi strategi yang berfokus pada perilaku sebesar 3.72 (akademik) dan 3.54 (profesi), dimensi strategi penghargaan alami sebesar 3.75 (akademik) dan 3.90 (profesi), dan dimensi strategi pola pikir konstruktif 3.72 (akademik) dan 3.65 (profesi). Kesimpulan: Kepemimpinan diri mahasiswa akademik yang menjalani pembelajaran online atau e-learning baik pada tingkat akademik maupun profesi berada pada kategori tinggi dengan nilai mean 3.75 untuk mahasiswa akademik dan 3.64 untuk mahasiswa profesi.

Background: Online learning is the method used during the Covid-19 pandemic. Online learning is a method for students to develop leadership skills. Self-leadership skills have a higher potential to control individual self, manage behavior, reduce stress and cope with stress. Research Objectives: To find out the description of self-leadership of students at the academic and professional stages in the Nursing Science Study Program FK-KMK UGM who undergo online learning. Methods: Descriptive quantitative research with a cross-sectional. The sample consisted of 244 academic and professional nursing students at PSIK UGM. The research used the Revised Self Leadership Questionnaire (RSLQ). The result of the S-CVI score is 0.9905 which is this score more than 0.90.value Cronbach's Alpha for the reliability test of the RSLQ instrument is 0.890 which is this score more than 0.70. Results: The average value of self-leadership of PSIK FK-KMK UGM students who are undergoing online is 3.75 for academic students and 3.64 for professional students. The average value of student self-leadership based on behavioral-focused strategy dimensions is 3.72 (academic) and 3.54 (professional), the natural reward strategy dimension is 3.75 (academic) and 3.90 (professional), and the dimension of constructive thinking strategy is 3.72 (academic). and 3.65 (profession). Conclusion: Self-leadership of academic students who undergo online learning or e-learning both at the academic and professional levels is in the high category with a mean value of 3.75 for academic students and 3.64 for professional students.

Kata Kunci : Kepemimpinan diri, Pembelajaran Online, Mahasiswa Keperawatan

  1. S1-2022-383008-abstract.pdf  
  2. S1-2022-383008-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-383008-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-383008-title.pdf