Laporkan Masalah

STRATEGI TRANSFORMASI BISNIS VILLA MAHATI DENGAN PENGEMBANGAN RESTORAN HUTAN DI BATU MALANG

MONIC KARTIKA W, Sumiyana, Dr., M.Si., Ak., CA.

2022 | Tesis | Magister Manajemen

Villa Mahati merupakan bisnis keluarga yang bergerak di bidang jasa akomodasi. Penyebaran pandemi COVID-19 berdampak pada penurunan penghasilan Villa Mahati dan bisnis lain dalam sektor pariwisata. Pada tahun 2021, industri pariwisata mengalami peningkatan, meskipun belum signifikan. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Villa Mahati untuk melakukan transformasi bisnis, menyambut dibukanya kembali sektor pariwisata, yang didukung oleh rencana Pemerintah Daerah untuk mengangkat Jengkoang sebuah kawasan wisata dekat Villa Mahati sebagai primadona pariwisata Kota Batu. Transformasi bisnis harus dilakukan secara cermat dengan pertimbangan potensi masa depan, untuk memastikan bahwa implementasi perubahan tersebut akan memberikan keuntungan bagi Villa Mahati, yang mendorong pemilik usaha untuk merambah jasa restoran ke dalam bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan menetapkan rancangan strategi transformasi bisnis Villa Mahati dengan enlargement bisnis, menyusun dan menetapkan proses diversifikasi usaha dalam jasa-jasa yang meningkatkan kapasitas bisnis, serta memahami dan menerapkan kebijakan diversifikasi usaha restoran sebagai preferensi usaha pemilik Villa Mahati. Hasil penelitian menyajikan analisis SWOT untuk merumuskan kanvas model bisnis Villa Mahati & Restoran Hutan. Lebih lanjut lagi, penelitian ini memberikan proyeksi keuangan perusahaan untuk meyakinkan pemilik usaha untuk mengimplementasikan preferensi strategi transformasi. Kata kunci: transformasi bisnis, kanvas model bisnis, restoran hutan.

Villa Mahati is a family business in the industry of accommodation service. The spread of COVID-19 pandemic has impacted on decreasing revenue of Villa Mahati and other businesses in the tourism industry. In 2021, tourism industry has started to increase, insignificantly. This opportunity is leveraged by Villa Mahati to plan a business transformation, welcoming the reopening of tourism sector, supported by the local governments plan to bring Jengkoang a tourism destination near Villa Mahati under the spotlight of Kota Batu tourism. This business transformation has to be conducted meticulously, putting future potential into consideration, to ensure that the implementation of change will be profitable for Villa Mahati, as a motivating force for the owner to add restaurant service into the business. This study is aimed to formulate and decide on the design of Villa Mahati business transformation strategy through business enlargement, formulate and decide on the business diversification process into the services capable to increase business capacity, as well as acknowledge and implement diversification policy of restaurant business as the preference of Villa Mahatis owner. The study results present the SWOT analysis to formulate the business model canvas of Villa Mahati & Hutan Restaurant. Moreover, this study specifies the financial projection of the company, to ensure the business owner for implementing this preferred transformation strategy. Key words: business transformation, business model canvas, forest restaurant.

Kata Kunci : transformasi bisnis, kanvas bisnis model, restoran hutan/ business transformation, business model canvas, forest restaurant

  1. S2-2022-452523-abstract dan abstrak.pdf  
  2. S2-2022-452523-abstract.pdf  
  3. S2-2022-452523-bibliography.pdf  
  4. S2-2022-452523-tableofcontent.pdf  
  5. S2-2022-452523-title.pdf