Laporkan Masalah

Pengembangan Antarmuka dan Pengujian Kebergunaan Digital Signage CoviDisplay Berbasis Kendali Gerakan Mata untuk Edukasi Covid-19

MUHAMMAD HAFIDH WINAYASAKTI, Dr. Eng. Sunu Wibirama, S.T., M.Eng., IPM.; Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T.

2022 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASI

Fasilitas umum beresiko menyebarkan droplets virus Covid-19 secara tidak langsung. Padahal, perangkat digital signage memiliki potensi edukasi yang baik. Tim penulis mengusulkan sebuah sistem digital signage CoviDisplay yang mampu dioperasikan menggunakan gerakan mata. Aplikasi end-user CoviDisplay dikembangkan menggunakan kerangka kerja Five Elements of User Experience. Pengujian black-box pada aplikasi end-user CoviDisplay menunjukkan tingkat kesuksesan 100%. Pengujian kebergunaan menggunakan User Experience Questionnaire memberikan hasil nilai efisiensi di atas 75%, dan daya tarik, ketepatan, kejelasan, stimulasi, serta kebaruan di atas 90% dari tolok ukur. Pengembangan CoviDisplay selanjutnya perlu mempertimbangkan faktor pasar yang lebih mendalam. Perbedaan demografi pengguna seperti tinggi badan dan penggunaan kacamata mampu memengaruhi kualitas pengalaman pengguna. Harapannya adalah untuk CoviDisplay mampu digunakan secara spontan di tempat umum oleh siapapun.

Public facilities are at risk of indirectly spreading Covid-19 virus droplets. Although, digital signage devices have good educational potential. The authors proposes a CoviDisplay digital signage system that can be operated using eye movements. The CoviDisplay end-user application was developed using the Five Elements of User Experience framework. Black-box testing on the CoviDisplay end-user application shows a 100% success rate. Usability testing using the User Experience Questionnaire yielded efficiency scores above 75%, and attractiveness, accuracy, clarity, stimulation, and novelty above 90% of the benchmarks. Further development of CoviDisplay needs to consider more in-depth market factors. Differences in user demographics such as height and use of glasses can affect the quality of the user experience. The hope is for CoviDisplay to be able to be used spontaneously in public places by anyone.

Kata Kunci : Covid-19, Digital Signage, Eye Tracking, Five Elements of User Experience, Natural User Interface